Studi Deskriptif Penerapan Servicescapes Pada Restoran Waroeng Bamboe Kota Batu Menurut Persepsi Konsumen

ANGELINA, SHEREND LIA (2013) Studi Deskriptif Penerapan Servicescapes Pada Restoran Waroeng Bamboe Kota Batu Menurut Persepsi Konsumen. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5305_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5305_Abstrak.pdf

Download (61kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232336

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena Servicescape berperan penting dalam kemajuan hubungan perusahaan dengan konsumen maupun karyawan, komunikasi dalam servicescape membuat hubungan antar restoran dan konsumen menjadi lebih baik, produk dan jasa di desain menjadi satu kesatuan yang memberikan image tertentu sehingga mampu menarik reaksi emosional konsumen. Servicescape merupakan penampilan tangible organisasi dan karena itu menjadi sangat penting dalam membentuk kesan atau awal dalam membentuk harapan konsumen dari perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi konsumen terhadap servicescapes pada restoran Waroeng Bamboe Kota Batu, dengan menggunakan 3 dimensi dari servicescapes yaitu ambient conditions; spatial layout and functionality; sign, symbol and artifacts. Target populasi yaitu responden pria dan wanita yang pernah makan di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu. Berdomisili baik di Batu dan luar kota Batu, pendidikan minimal SMA atau sederajat. Memiliki karakteristik populasi yaitu pelanggan yang pernah makan di restoran Waroeng Bamboe minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan teknik convenience sampling. Aras yang digunakan dalam penelitian ini adalah aras interval. Skala pengukuran dalam penelitian ini adalah Numercial Scale (Skala Numeris),. Penelitian ini menggunakan Statistik Deskriptif yakni antara lain Mean (rata-rata), Standard Deviation (simpangan baku), Koefisien Varians. Dari hasil penelitian didapatkan hasil nilai rata-rata hitung tertinggi ditunjukkan oleh dimensi Ambient Conditions terutama ditunjukkan oleh indikator kesejukan udara di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu. Responden merasakan udara di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu sejuk dan membuat responden nyaman berada di restoran Waroeng Bamboe Kota Batu.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Servicescapes, Mean
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 16 Jun 2014 08:20
Last Modified: 16 Jun 2014 08:20
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16652

Actions (login required)

View Item View Item