Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Tahapan BCA Nasabah Di Surabaya

SHAMLAN, AHNAF ABDULLAH (2013) Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Tahapan BCA Nasabah Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5306_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5306_Abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232337

Abstract

Penelitian dilakukan pada nasabah Bank Central Asia di Surabaya yang memiliki dan aktif menggunakan rekening Tahapan BCA untuk melakukan transaksi dalam 6 bulan terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek Tahapan BCA Nasabah di Surabaya. Untuk mempertahankan nasabahnya agar tetap loyal maka Bank Central Asia selalu memberikan pelayanan yang optimal secara berkesinambungan. Hal ini perlu dilakukan agar nasabah tidak berpindah ke penyedia jasa lainnya. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel 100 nasabah Tahapan BCA di Surabaya yang diambil secara acak. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebar kuesioner di beberapa cabang utama Bank Central Asia yang ada di Surabaya. Kuesioner terdiri dari 2 bagian pernyataan, yaitu pernyataan tentang kepuasan pelanggan berjumlah 16 pertanyaan dan pernyataan tentang loyalitas merek berjumlah 10 pernyataan. Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis koefisien determinasi. Pengujian hipotesis dalam penelitian menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi (r2) sebesar 0,283 atau 28,3% variasi loyalitas merek Tahapan BCA pada nasabah di Surabaya mampu dijelaskan oleh variasi kepuasan pelanggan. Untuk pengujian hipotesis penulis menggunakan uji-t dengan nilai α = 0,05 dan dengan derajat kebebasan dk = n-2 maka dari hasil penelitian diperoleh nilai ttabel = 1,985 dan thitung = 6,225 sehingga thitung > ttabel. Maka dengan demikian Ho ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek Tahapan BCA pada nasabah di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Merek, Tahapan BCA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 16 Jun 2014 08:23
Last Modified: 16 Jun 2014 08:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16653

Actions (login required)

View Item View Item