Santosa, Siane (1996) Penerapan Analisis Value Chain Cost Dalam Mendukung Penetapan Harga Sebagai Salah Satu Keunggulan Bersaing PT. X Di Mojokerto. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
AK_605_Abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
Abstract
Globalisasi saat ini yang disertai dengan pertimbangan konsumen yang semakin kritis terhadap kualitas dan harga, memacu perkembangan perekonomian dan persaingan yang semakin ketat. Iklim dunia usaha yang semakin kompeti tif menuntut badan usaha semakin efisien dan mempunyai competitive advantage untuk dapat bertahan dan berkembang. Competitive advantage atau keunggulan bersaing tumbuh dari nilai yang dapat diciptakan bagi pembeli. Nilai tersebut dapat berbentuk harga yang lebih murah dibandingkan harga pesaing atas manfaat yang sama. Badan usaha memerlukan pengelolaan biaya yang efektif dan efisien dalam setiap aktivitasnya. Skripsi mengenai value chain cost analysis ini bermaksud untuk memberikan sumbangan manajerial bagi manajemen untuk dapat melakukan efektifitas dan efisiensi biaya sebagai dasar competitive advantage bagi badan usaha. Competitive advantage hanya dapat dipahami dengan melibat badan usaha sebagai suatu keseluruhan dari banyak ragam aktivitasnya dalam mendesain, membuat, memasarkan. mendistribusikan dan mendukung produknya. Alat utama untuk menganalisis sumber keunggulan bersaing adalah value chain analysis. Value chain memilah-milah suatu badan usaha ke dalam berbagai aktivitas antara lain aktivitas primer yang terdiri dari: aktivitas inbound logistics, operation, outbound logistics, marketing and sales, service dan aktivitas pendukung yang terdiri dari: aktivitas procurement, technology development, human resources management dan firm infrastructure. Alokasi biaya dan aktiva tetap dilakukan pada tiap-tiap aktivitas tersebut serta dilakukan analisa berdasarkan aktivitas langsung, aktivitas tidak langsung dan aktivitas pemastian mutu untuk mengidentifikasikan keterkaitan antara aktivitas primer dan aktivitas pendukung. Analisis atas penggunaan sumber daya manusia dan pembelian input ditujukan untuk mengidentifikasi besarnya pemakaian tenaga kerja dan penggunaan masukan dalam aktivitas badan usaha. Dari basil analisis value chain cost dapat diketahui distribusi biaya pada tiap-tiap aktivitas nilai yang kemudian dapat dilakukan koordinasi dan optimasi secara lebih baik untuk mencapai efisiensi dan efektifitas biaya, yang secara keseluruhan dapat menurunkan total biaya badan usaha. Dari penurunan total biaya badan usaha dapat menetapkan harga jual yang bersaing serta badan usaha dapat menerapkan competitive strategynya yaitu keunggulan biaya.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 17 Jun 2014 00:47 |
Last Modified: | 26 Aug 2014 06:54 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16742 |
Actions (login required)
View Item |