Kusumawardhani, Ika Christiyanti (1999) Penerapan Sistem Informasi Akuntansi untuk Mendukung Pengambilan Keputusan Pemasaran dan Meningkatkan Karakteristik Kualitas pada PT X di Surabaya. [Undergraduate thesis]
PDF
AK_1357_Abstrak.pdf Download (343B) |
Abstract
Dewasa ini, salah satu faktor dominan yang mewarnai kehidupan manusia secara global adalah perkembangan teknoogi. Teknologi khususnya di bidang komputer ( dan teknologi informasi lainnya ) mempermudah hampir semua aktivitas manusia. Penggunaan komputer pada semua bidang, termasuk ekonomi, politik dan bisnis. Kemajuan teknologi ini menawarkan fasilitas yang menguntungkan, di antaranya dalam penghematan waktu dan tenaga. Sistem manual dalam bisnis sedikit demi sedikit mulai dihilangkan digantikan dengan sistem komputer dengan teknologi yang lebih canggih Dalam pengoperasionalnya, sistem komputerisasi ini menggunakan perangkat lunak ( software ) dan perangkat keras ( hardware ).Software adalah program-program komputer yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan informasi yang berbeda-beda untuk masing masing perusahaan. Setiap perusahaan yang bersaing dalam industri mempunyai strategi bersaing. Strategi bersaing adalah titik awal bagaimana perusahaan dapat secara aktual menciptakan dan mempertahankan keunggulan bersaing dalam industrinya. Keunggulan bersaing merupakan hal yang penting bagi perusahaan untuk dapat bersaing. Namun , dalam lingkungan persaingan yang semakin kompleks membuat perusahaan semakin sulit untuk memiliki keunggulan bersaing yang dapat dipertahankan. Perusahaan beralih menggunakati strategi konfrontasi yang tidak menghindari persaingan melainkan menghadapinya. Perusahaan mengelola karakteristik dasar yang berbeda untuk masing-masing perusahaan yang disebut survival n-tuplet . Tiga karakteristik dasarnya disebut survival triplet yang terdiri dari cost-price, quality, functionality. Karakteristik kualitas memegang peranan penting pada PT "X". PT "X" adalah perusahaan jasa penerbangan, dimana perusahaan harus memberikan jasa yang sesuai dengan keinginan konsumen. Kualitas jasa yang diberikan perusahaan sangat mempengaruhi loyalitas dan persepsi konsumen. Informasi tingkat kualitas yang diinginkan konsumen diperoleh melalui sisteni informasi pemasaran yang terdiri dari tiga subsistem, yaitu sistem informasi akuntansi, penelitian pemasaran dan intelijen pemasaran. Sistem lnformasi Akuntansi merupakan sumber informasi utama perusahaan untuk mengetahui kondisi dan perkembangan perusahaan. - Dengan menerapkan sistem informasi akuntansi berbasis komputer, data akan diolah lebih cepat sehingga informasi yang dihasilkan, khususnya informasi yang menunjang pengambilan keputusan pemasaran akan lebih akurat dan tepat waktu. Selain itu dengan menggunakan komputer dan teknologi informasi lain bisa menurunkan internal failure cost dan external failure cost. Pada tahun pertama, control cost, yaitu prevention cost dan appraisal cost akan meningkat karena perusahan mengadakan pelatihan penggunaan komputer. Namun pada tahun berik:utnya, control cost akan semakin berkurang , diikuti dengan penurunanfailure cost sampai pada titik optimal. Penurunan pada control cost tidak menyebabkan penurunan tingkat kualitas. Selain adanya peningkatan kualitas, perusahaan memperoleh tambahan manfaat ( incremental benefit ) dalam bentuk tangible benefit yang berupa penghematan biaya dan intangible benefit yang ditentukan subyektif oleh perusahaan yang dinyatakan dalam bentuk satuan keuangan. Penurunan failure cost serta adanya tambahan manfaat bagi perusahaan ini dimiliki setiap tahun selama software lifecycle, yaitu selama 5 tahun. Pada tahun keenam, perusahaan melakukan investasi lagi untuk mengupgrade hardware dan software yang digunakan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Accounting |
Depositing User: | Suwardi 193009 |
Date Deposited: | 18 Jun 2014 08:42 |
Last Modified: | 18 Jun 2014 08:42 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/16841 |
Actions (login required)
View Item |