Daya Peredam Radikal Bebas Ekstrak Etanol Daun Jambu Mente (anacardium Occidentale L.) Terhadap Dpph (1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl)

DJOJOPRANOT, RIANA RAHMAWATI (2013) Daya Peredam Radikal Bebas Ekstrak Etanol Daun Jambu Mente (anacardium Occidentale L.) Terhadap Dpph (1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3503_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3503_Abstrak.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232279

Abstract

Telah dilakukan uji daya peredam radikal bebas dari ekstrak etanol daun muda dan tua jambu mente (Anacardium occidentale L.) secara kualitatif dengan reaksi warna dan kuantitatif dengan menggunakan metode DPPH (1,1-diphenyl-2-picrylhydrazyl). Pengujian daya peredam radikal bebas secara kualitatif ditunjukan dengan memudarnya warna ungu dari larutan DPPH. Pengujian secara kuantitatif, menggunakan spektrofotometer sinar tampak yang diamati pada panjang gelombang 520,8 nm pada menit ke-10. Hasilnya didapatkan nilai EC50 untuk ekstrak etanol daun muda dan tua jambu mente masing-masing adalah 16,05 bpj dan 22,86 bpj. Hasil perhitungan statistik dengan t test (α = 0,05), menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara EC50 ekstrak etanol daun muda dan tua jambu mente. Daya peredam radikal bebas ekstrak etanol daun muda jambu mente mempunyai daya peredam radikal bebas lebih besar dibandingkan dengan ekstrak etanol daun tua jambu mente. Hal ini disebabkan karena daun muda memiliki kandungan metabolit sekunder lebih banyak dibanding dengan daun tua, yang diperlukan dalam proses pertumbuhan, perkembangan, dan pembelahan sel-sel daun tersebut.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Radikal bebas, DPPH, jambu mente, Anacardium occidentale
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 19 Jun 2014 05:56
Last Modified: 19 Jun 2014 05:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17559

Actions (login required)

View Item View Item