Profil Pelayanan Kefarmasian Dan Kepuasan Konsumen Apotek Di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal

., BERTAWATI (2013) Profil Pelayanan Kefarmasian Dan Kepuasan Konsumen Apotek Di Kecamatan Adiwerna Kota Tegal. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3505_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3505_Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/232282

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pelayanan kefarmasian di apotek, tingkat kepuasan konsumen apotek, serta ada atau tidaknya hubungan antara pelayanan kefarmasian dengan kepuasan konsumen. Data dikumpulkan dari 7 apoteker dan 175 konsumen apotek di 7 apotek di Kecamatan Adiwerna pada bulan Juli-Agustus 2012 menggunakan kuesioner. Pelayanan kefarmasian di apotek yang akan dikaji dalam penelitian ini terkait dengan ketenagaan, pelayanan, administrasi, dan evaluasi mutu pelayanan. Tingkat kepuasan konsumen diukur dari 8 dimensi, yaitu kepuasan umum, harga, kemampuan pribadi, evaluasi, pemberian informasi non-medis, kepercayaan, pelayanan pada pasien, dan pemberian penjelasan. Kuesioner apoteker dan konsumen apotek yang telah terkumpul kemudian diberi skor masing-masing dan dikategorikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kefarmasian di apotek tergolong kategori sedang dan baik. Kepuasan konsumen untuk semua dimensi tergolong kategori kurang puas. Analisa hubungan antara pelayanan kefarmasian dengan kepuasan konsumen menggunakan analisis korelasi Pearson, menunjukkan adanya hubungan antara pelayanan kefarmasian dengan kepuasan konsumen.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Apotek, pelayanan kefarmasian, kepuasan konsumen
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 19 Jun 2014 06:08
Last Modified: 19 Jun 2014 06:08
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17571

Actions (login required)

View Item View Item