Studi Eksploratori Experiential Marketing Deteksi Basketball League (DBL) Berdasarkan Pengalaman Informan (Penonton, Pemain, Pelatih) di Surabaya

Setiawan, Eko (2009) Studi Eksploratori Experiential Marketing Deteksi Basketball League (DBL) Berdasarkan Pengalaman Informan (Penonton, Pemain, Pelatih) di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4629_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4629_Abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132338

Abstract

Dewasa ini, perkembangan di bidang olahraga menjadi perhatian dari banyak negara di dunia, termasuk negara Indonesia. Olahraga diakui menjadi bagian penting dari suatu negara karena olahraga diyakini mampu meningkatkan citra bangsa dan menjadi mesin pendulang devisa. Perkembangan di bidang olahraga tidak bisa dilakukan secara spontan, melainkan sangat tergantung dari proses pembinaan dan pengembangan yang terencana, berjenjang dan berkelanjutan. Proses seperti inilah yang diberikan oleh DetEksi Basketball League (DBL) dengan menawarkan konsep fun dan experience. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali lebih dalam (mengeksplorasi) faktor-faktor experiential marketing pada kompetisi DBL dan diharapkan melalui penelitian ini dapat ditemukan apa saja yang dirasakan oleh penonton, pemain, maupun pelatih selama menyaksikan ataupun berpartisipasi dalam penyelenggaraan kompetisi DBL tersebut. Penelitian ini berbasis pendekatan kualitatif dengan sampel adalah pria atau wanita yang pernah menyaksikan maupun berpartisipasi dalam kompetisi DBL baik itu sebagai penonton, pemain, ataupun pelatih yang berdomisili di Surabaya. Jumlah sampel yang diambil untuk penelitian ini adalah 7 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dan cara pengambilan sampel adalah dengan snowball sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa seluruh informan yang dijadikan sampel, baik itu informan yang berstatus sebagai penonton, pemain, ataupun pelatih, mampu merasakan semua faktor experiential marketing pada DBL yang diukur melalui 5 elemen, yaitu : (1) sense experience, (2) feel experience, (3) think experience, (4) act experience, (5) relate experience. Setiap informan merasakan memorable experience yang berbeda-beda dan secara keseluruhan menunjukan bahwa DBL adalah sebuah event yang berbeda dengan kompetisi basket yang lain di Indonesia.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Experiential Marketing, Pengalaman Informan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 19 Jun 2014 06:38
Last Modified: 19 Jun 2014 06:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17597

Actions (login required)

View Item View Item