Soeseno, Mariani (1997) Pengaruh Iklan Pada Sikap Terhadap Merek Es Krim Wal s Untuk Konsumen Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
PDF
M_2354_Abstrak.pdf Download (341B) |
Abstract
Bisnis es krim di Indonesia dewasa ini tampaknya memiliki prospek yang cukup bagus. Kondisi ini tercennin dari tingkat produksi pada Industri es krim dalam negeri selama periode 1989 hingga 1994 rnencapai rata-rata pertumbuhan produksi 22,85% per tahunnya. Tingkat produksi yang tinggi ini diupayakan untuk memenuhi permintaan konsumen yang cukup besar. Tingkat konsumsi es krim di Indonesia selama periode tahun 1990 hingga 1994 menunjukkan peningkatan setiap tahumya rata-rata 23,1o/o. Dengan adanya kondisi pasar yang baik ini, meogakibatkan PT. Unilever Indonesia yang semula bergerak di bidang toiletary, seperti shampoo, tissue, sabun mandi dan pasta gigi masuk da1am pasar es krirn. Merek es krim yang di produksi PT. Unilever Indonesia diberi nama Wall's, dan pabrik es krimnya mulai didirikan pada tahun 1992. Kapasitas produksi pabrik es krimini 10 juta liter per tahun. Selain Wall's banyak pula produseneskrimlainnya yang telah lebih dahulu masuk dalam industri es krim im. Pesaing-pesaing dari PT. Unilever Indonesia antara lain w1ah PT. Pranoto Pancajaya dengan es krim merek Campina, PT. Dairyville dengan merek es laimnya Peters, dan masih banyak lagi pesaing-pesaing Jainnya. Untuk mengantisipasi banyaknya pesaing ioi Wall's memiliki berbagai cara dalam menginfOrmasikan kebmdaannya sebagai es krim baru dalam pasar. Cara-cara yang digunak.annya antara lain dengan promosi yang dilakukan secara gencar, ide tiaru dengan menggunakan jingle lagu pada penjual sepeda keliling. dan penggunaan iklan di berbagai media iklan seperti media cetak, televisi,papan reldame dan bus. Ildan merupak.an sarana komunikasi yang disampaikan oleh produsen kepada konsumen. Dengan adanya ildan, produsen secara tidak langsung menginformasikan keberadaan produk dalam pasar, penyampaian informasi tersebut juga menerangkan keunggulan produk dan perbedaan produk produsen dari produk pihak pesaing. Dari manfaat yang terdapat pada suatu iklan, secara tidak. langsung ataupun tidak langsung akan menghasilkan suatu tanggapan dari konsumen yang memperhatikan iklan tersebut. Tanggapan pada suatu ik1an dapat berupa tanggapan yang baik maupun tanggapan yang buruk, yang kemudian menimbulkan sikap suk.a ataupun tid.k suka pada suatu iklan. Sikap kosumen pada suatu iklan ini akan pula mempengaruhi sikap terhadap merek produk yang diiklankan. Apabi1a sikap pada iklan tersebut merupakan sikap yang baik, maka sikap terhadap merek produk yang diildankan juga merupakan sik.ap yang baik. Begitu pula sebaliknya jika sikap pada iklan merupakan sikap yang buruk, maka sikap terhadap merek produk yang diiklankan tersebtu juga merupakan sikap yang buruk. Peranan iklan sangat penting sekali, sebab dari sikap konsumen pada iklan dan pada merek produk yang diiklankm akan mempengaruhi tindakan konsumen dalam melakuk.an pembelian secara aktual. Iklan pada media cetak, tv, papan reldame, bus dan majalah memiliki elemen-elemen iklan sepertikata-k.ata yang terlihat, terdengar gambar, wama, suara dan gerakan. Elemen-elemen iklan ini perlu sek.ali diperbatikan sebab elemen iklan ini yang membentuk suatu ildan menjadi menarik untuk diperbatikan. Iklan yang baik. adalah iklan yang mampu menarik perbatian konsumen. Iklan yang baik adalah ildan yang benar-benar sesuai dengan funi iklan, yaitu dapat memberikan iuformasi dengan baik. Dengan adanya iklan yang baik diharapk.an iklan tenebut mampu mempengaruhi sikap terbadap merek produk yang diiklankan, atau dengan kata lain merubah pandanpn buruk konsumen terhadap merek suatu produk menjadi pandangan yang baik, sehinga secara tidak lanpmg akan merubah pula sikap konsumen padf merek produk yang diik1ankan. Ik1an yang mampu mempengaruhitetbadap ma-ek produk yang diiklankan ini merupakan iklan yang benar-beoar bermanfaat bagi produsen sebagai alat promosinya. ( Untuk membuktikan tujuan penetitian apakah iklan tersebut benar benar mempengaruhi sikap 1erbadap merek, maka digunakan beberapa metode pengujian. Statistika deskriptif yang digunakan adalah rata-rata tanggapan responden pada iklan dan sikap resonden pada merek produk es krim Wall's; digunakan pula perbitungan standar deviasi untuk mengetahui kecenderungan tanggapan responden; analisis regresi tinier sederbana untuk menentukan model regresi dari basil penelitian; analisis koefisien determinasi (R2 untuk menentukan besamya kontribusi variabel bebas mempengaruhi variabel tidak bebas dan dilakukan pula analisis koefisien k<X"elasi (R ) untuk menentukan besamya penvariabel bebas pada varabel tidak bebas. Penelitian ini dilakuk.an selama 4 bulan, pembuatan Bah I,.II, III berlangsung selama 2 bulan; penyusunan dan penyebaran kuesiooer 1 bulan dan 1 bulan sisanya digunakan untuk. pengolahan data dan penulisan Bah IV dan V. Dalarn penelitian ini ditentukan uji bipotesis pada koefisien regresi a dan b; dimana dati basil bitungan yang ada, diperoleh basil yang menunjukkan bahwa kedua koefisien regresi a dan b tersebut merupakan koefisien yang sidan terdapat pengaroh yang signifikan pada variabel bebas (iklan) pada variabel tidak bebas (sikap terbadap m«ek es krim Wall's ). Hasil perbitungan rata-rata tanggapan responden terhadap baik iklan Wall's adalah 5,9244, sedangk.an deviasi standamya adalah sebesar 0,385 yang menunjukkan tanggapan respondeD yang cenderung homogen. Rata-rata tanggapan responden pada sikap terhadap merek es krim Wall's adalah sebesar 5,869 dan deviasi standamya adalah 0,3807 yang berarti sikap responden cenderung homogen. Untuk koefisien detenninasi diperoleh hasil82,4o/o, sedangkan koefisien korelasi diperoleh basil 0,908. Obyek penelitian ini menggunak.an es krirn dengan merek Wall's dari PT. Unilever Indonesia. Pabrik es krim ini didirikan pada tahun 1992 dengan kapasitas produksi 10 juta liter per tahun. Pabrik es krim dari PT. Unilever Indonesia ini merupakan pabrik es krim yang besar dibandingk.an dengan pabrik es krim pesaing lainnya. Hasil penjualan selama tahun 1996 adalah sebesar 200 juta kemasan. Penjualan yang cukup besar ini tidak. terlepas dari adanya iklan yang cukup gencar. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh iklan es krim Wall's tersebut cuk.up besar. Mariani Soeseno
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Suwardi 193009 |
Date Deposited: | 19 Jun 2014 09:06 |
Last Modified: | 19 Jun 2014 09:06 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/17691 |
Actions (login required)
View Item |