Efektivitas Penetapan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Pendekatan Biaya Dan Permintaan Pada PT. X Di Sidoarjo

Wirawan, Henry (1994) Efektivitas Penetapan Harga Jual Produk Dengan Menggunakan Pendekatan Biaya Dan Permintaan Pada PT. X Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_303_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_303_Abstrak.pdf

Download (120kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154334

Abstract

Dalam era globalisasi dan dunia usaha yang semakin kompetitif ini, hanya perusahaan yang menyediakan jenis produk berkualitas seperti yang diinginkan konsumen, pengiriman produk yang tepat waktu dan harga yang layak yang dapat mempertahankan ketangsungan hidupnya. Untuk itu pemsahaan harus dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dengan seefektif mungkin dan lebih memperhatikan pada strateji penetapan harga, karena strateji penetapan harga memegang peranan yang penting untuk menarik para konsumen tertentu untuk menolak produk lainnya. Apabila harga produk ditetapkan berdasarkan data biaya produk yang salah, dan strateji penetapan harga yang salah, dapat mengakibatk:an kesalahan dalam pengambilan putusan perusahaan yang berdampak jangka panjang. Kesalahan yang sering dilakukan dalam menetapkan harga jual adalah penetapan tingkat harga jual hanya berdasarkan markup diatas biaya produksi. Penetapan tingkat harga berdasarkan metode ini memang menghasilkan laba bagi badan usaha tetapi hanya bersifat jangka pendek; sedangkan badan usaha didirikan bertujuan untuk hidup. dalam jangka panjang. Oleh karena itu tidak cukup apabila badan usaha menetapkan tingkat harga hanya berdasarkan markup diatas biaya produksi. Dalam penetapan harga jual badan usaha harus mempunyai strateji yang tepat yang berorientasi jangka panjang, sehingga badan usaha tersebut harus memperhatikan faktor internal dan ekstemal dari badan usaha tersebut agar dapat bersaing dan mempertahankan keberadaannya dalam jangka panjang; yang dalam skripsi ini dibabas faktor permintaan dan faktor biayanya, karena kedua faktor ini sangat penting untuk menentukan tingkat harga jual. Disamping itu badan usaha barns dapat meramalkan kondisi keadaan masa depan sebingga ia dapat mengantipasinya Dalam mengbadapi persaingan dan dapat bertaban untuk jangka panjang, maka badan usaha tidak cukup banya mempunyai laporan keuangan yang bersifat eksternal saja. Badan usaha barns mempunyai laporan yang bersifat internal ( akuntansi manajemen ) sebingga manajer dapat menggunakan laporan internal ini untuk merencanakan, mengawasi dan mengambil keputusan-keputusan. Laporan biaya berdasarkan sifat biayanya sangat berguna bagi manajemen untuk mengetahui biaya produksinya yang bersifat variable sebingga manajer dapat memanfaatkan laporan ini untuk menentukan harga jual produknya secara lebih tepat. Sistem pelaporan biaya yang semakin akurat semakin baik untuk pelaporan biaya produksi, seperti penggunaan Activity Based Costing, yang dapat mengalokasikan biaya-biaya overllead secara lebih akurat. Tetapi suatu sistem akuntansi yang semakin akurat akan lebih rumit dan lebih membutubkan biaya yang lebih besar. Sehingga sebelum menerapkan sistem akuntansi tersebut, lebih baik dipertimbangkan dahulu apakah manfaat yang diambil dari penggunaan sistem akuntansi tersebut lebih dari biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan sistem tersebut. Dari analisis yang dilakukan, ternyata penetapan harga jual badan usaha "X" banya menambahkan markup diatas biaya produksinya, badan usaha ini tidak memperllatikan faktor-faktor internal dan external. Selain itu badan usaha ini juga tidak: berusaha untuk berorientasi ke masa depan, sehingga tidak: siap untuk mengantipasi. Selain itu badan usaha ini hanya menggunakan laporan akuntansi yang bersifat financial dan tidak: memanfaatkan laporan akuntansi yang bersifat internal, yang sangat berguna bagi manajer untuk merencanakan, mengawasi dan mengambil keputusan-keputusan. Dengan basil ini dibarapkan badan usaha dapat memperbaiki strateji penetapan harganya, baik dengan memperhatikan faktor permintaan dan faktor biayanya sehingga badan usaha dapat menetapkan harga jual yang benar-benar tepat. Disamping itu dibarapkan pula agar badan usaha ini dapat memanfaatkan penggunaan dari sistem akuntansi manajemen yang sangat berguna itu.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 24 Jun 2014 05:38
Last Modified: 24 Jun 2014 05:38
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18148

Actions (login required)

View Item View Item