Analisis Value Chain Dalam Strategi Pemilihan Segmen Pasar Pelanggan Pada PT. X Di Sidoarjo

Sugianto, Maria Hilda (1994) Analisis Value Chain Dalam Strategi Pemilihan Segmen Pasar Pelanggan Pada PT. X Di Sidoarjo. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_294_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_294_Abstrak.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154414

Abstract

Badan usaha yang ada dewasa ini dituntut untuk semakin meningkatkan kinerJanya dan kemampuannya dalam menganalisis lingkungan badan usaha baik eksternal maupun internal, untuk menghasilkan informasi mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta kesempatan dan ancaman yang dihadapi oleh badan usaha, agar badan usaha mampu bertahan dalam jangka panJang menghadapi persaingan yang semakin ketat. Banyak cara yang dapat dilakukan badan usaha untuk berjuang melawan persaingan yang semakin ketat tersebut, akan tetapi tidak semua cara yang dilakukan oleh badan usaha tersebut memiliki kemampuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup badan usaha untuk masa yang panjang. Menurut Porter ( 1980), terdapat tiga macam strateji generik yang dimiliki badan usaha, yaitu 1. Keunggulan biaya menyeluruh, adalah suatu strateji yang mengunggulkan posisi biaya yang relatif rendah terhadap biaya para pesaing dalam menghadapi kekuatan persaingan. 2. Diferensiasi, adalah strateji yang berusaha untuk menawarkan produk atau jasa yang dirasakan oleh keseluruhan industri sebagai suatu hal yang unik. 3. Fokus, adalah strateji yang memusatkan stratejinya kepada kelompok pembeli, segmen lini produk, atau pasar geografis tertentu. Apapun strateji yang dipilih badan usaha,keberhasilan strateji tersebut ditentukan oleh kemampuan dari badan usaha khususnya pihak mana.jemen badan usaha dalam menganalisis dan memberikan informasi yang dapatmendukung strateji dan keunggulan bersaing badan usaha. llntuk ituPorter memperkenalkan suatu alat yang disebut Value Chain a tau Rantai Nilai. Value Chain dari setiap badan usaha dalam kegiatan bisnis adalah rangkaian sekumpulan nilai yang timbul dari berbagai kegiatan yang dilakukan badan usaha mulai dari pembelian bahan baku sampai dengan pengiriman produk ke tangan konsumen. Dalam skripsi ini, anal isis value chain diaplikasikan pada PT "X"" yang bergerak di bidang pengolahan kulit hewan dalam strateJi pemilihan segmen pasar pelanggannya. PT "X" memiliki dua segmen pasar pelanggan yaitu segmen pasar pelanggan (sedikit lebih tinggi dari kualitas II) dan kualitas I segmen pasar pelanggan kualitas II (kualitas normal). Selama ini PT "X" menetapkan pelanggannya pada strateJi pemilihan pelanggan kualitas segmen I, didasarkan pada harga Jual yang lebih tinggi. pasar karena Dengan berdasarkan analisis Value Chain pengambilan putusan yang dilakukan PT "X" tidak tepat, karena segmen pasar pelanggan segmen pasar kualitas II lebih menguntungkan pelanggan kualitas I. Hal daripada tersebut dikarenakan pangsa pasar pelanggan kualitas II lebih besar daripada pangsa pasar pelanggan kualitas I, selain itu persentase profit dan ROA yang diperoleh dari aktivitas nilai internal pada segmen pasar pelanggan kualitas II lebih besar dari segmen pasar pelanggan kualitas I.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 24 Jun 2014 06:09
Last Modified: 24 Jun 2014 06:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/18173

Actions (login required)

View Item View Item