., Juliani (1995) Perbedaan Minat Membeli Busana Ditinjau Dari Locus of Control Dengan Mengendalikan Persepsi Terhadap Pesta Diskon Pada Sekretaris Di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis membuat pihak pengusaha berlomba-lomba menciptakan cara untuk menimbulkan minat membeli. Salah satu cara tersebut adalah acara diskon (pemotongan harga) pada produk busana. Demikian gencar pesta diskon tersebut dipromosikan melalui media TV, radio, surat kabar, majalah, spanduk dan brosur. Apakah promosi pesta diskon yang demikian gencar dapat menimbulkan minat membeli menjadi tinggi. Dalam diri tiap individu ada suatu karakteristik kepribadian yang disebut locus of control. Adanya perbedaan orientasi antara internal locus of control dan external locus of control memungkinkan minat membeli busana dapat berbeda pula. Individu yang memiliki internal locus of control cenderung lebih mandiri, lebih bertanggungjawab, ulet dan tekun, serta lebih tahan terhadap pengaruh luar dibanding individu yang memiliki external locus of control yang lebih mudah terpengaruh faktor dari luar dirinya, yaitu kekuasaan pihak/orang lain dan faktor keberuntungan. Setiap individu pasti memiliki locus of control dan penentuan orientasi berdasar dominasi salah satunya, internal atau eksternal. Penelitian ini dilakukan pada sekretaris di wilayah kota Surabaya. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan incidental sampling dan sampel berjumlah 48 orang pengumpulan data menggunakan Skala IPC - locus of control dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik Anakova. Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis alternatif diterima (F = 5,122 dan p = 0,027) yang berarti ada perbedaan minat membeli busana ditinjau dari locus of control dengan mengendalikan persepsi terhadap pesta diskon. Dalam hal ini individu dengan internal locus of control lebih tinggi minatnya untuk membeli busana dibanding individu dengan external locus of control. Minat membeli busana pada individu dengan internal locus of control lebih tinggi disebabkan adanya kesadaran untuk tampil menarik dan rapi sesuai tuntutan profesi, maka kebutuhan untuk berbusana itu sendiri yang menimbulkan minat untuk membeli busana; Persepsi pada penelitian ini tidak mempengaruhi minat membeli busana (R2 =0,043) artinya persepsi yang baik belum tentu menimbulkan minat membeli busana dan sebaliknya persepsi yang buruk belum tentu menurunkan minat membeli busana. Oleh karena itu pihak pengusaha perlu memperhatikan cara-cara lain dalam hal berpromosi.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 03 Dec 2012 02:01 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 03:55 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/1837 |
Actions (login required)
View Item |