Pengaruh Product Positioning Terhadap Brand Image Produk Minuman Gatorade Di Surabaya

Poandy, Benny (1998) Pengaruh Product Positioning Terhadap Brand Image Produk Minuman Gatorade Di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_2644_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_2644_Abstrak.pdf

Download (129kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/145390

Abstract

Latar belakang pemilihan judul skripsi ini adalah karena Gatorade merupakan salah satu produk yang cukup unik karena memiliki kemampuan yang tidak pernah ditawarkan oleh produk lain. Kemampuan tersebut terletak pada kemampuan Gatorade dalam menghilangkan dahaga seketika, dan sekaligus mengganti cairan dan mineral tubuh yang hilang setelah berolahraga. Kemampuan ini digunakan oleh Gatorade dalam memposisikan produknya sedemikian rupa sehingga konsumen bisa mempunyai brand image yang sesuai. Cara Gatorade dalam memposisikan produknya inilah yang menarik untuk disimak dan dilakuk.an penelitian. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh product positioning terhadap brand image produk minuman Gatorade di Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara wnum product positioning yang dilakukan sudah berhasil dan brand image yang tercipta pun telah sesuai. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata-rata yang berhasil dikwnpulkan dari tanggapan responden terhadap product positioning dan brand image produk minuman Gatorade. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa product positioning mempunyai hubungan yang positif dan kuat dengan brand image yang dapat dilihat pada basil perhitungan koefisien korelasi yang menunjukkan nilai sebesar 91,2%. Besarnya pengaruh product positioning terhadap brand image dapat dilihat pada basil perhitungan koefisien regresi. yang menunjukkan angka 84,6%. Sedangkan besarnya kemampuan product positioning dalam menjelaskan brand image adalah sebesar 83,2% yang dapat dilihat melalui basil perhitungan koefisien determinasi. Perhitungan koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan koefisien regresi dilakukan dengan menggunakan program komputer SPSS for Windows95 rei. 7.5. Lokasi dilakukannya penelitian adalah di lingkungan kampus UBA YA, difitness-fitness centre, dan di lokasi kegiatan olahraga lain di Surabaya. Dipilihnya lokasi tersebut disesuaikan dengan target dan karakteristik populasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Obyek dari penelitian ini adalah produk minuman Gatorade. Gatorade merupakan salah satu produk yang bergerak dalam kategori minuman olahraga, dengan menawarkan kemampuan untuk menghilangkan dahaga seketika dan mengganti cairan dan mineral tubuh yang hilang. Gatorade masuk ke Indonesia pada bulan Agustus 1995.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 02 Jul 2014 03:40
Last Modified: 02 Jul 2014 03:40
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19288

Actions (login required)

View Item View Item