Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Minuman Susu Cair Ultramilk Coklat Kemasan 250 ml di Surabaya

Supono, Vidianingsih (2010) Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Merek Minuman Susu Cair Ultramilk Coklat Kemasan 250 ml di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4924_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4924_Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/155119

Abstract

Kepuasan pelanggan dan kepercayaan terhadap merek suatu produk dapat mengakibatkan loyalitas merek produk tersebut. Pelanggan yang loyal terhadap merek tertentu akan melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain. Loyalitas merek yang terbentuk berdampak positif bagi perusahaan, karena volume penjualan dan pangsa pasar akan meningkat, sehingga perusahan akan mendapatkan keuntungan jangka panjang. Oleh sebab itu maka suatu badan usaha perlu untuk selalu memberikan yang terbaik bagi pelanggannya agar mampu memelihara dan meningkatkan kepuasan pelanggan agar pelanggan tetap loyal dan tidak berpindah ke merek lain. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, menganalisis, dan membuktikan adanya pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek susu cair “Ultra Milk” coklat kemasan 250 ml di Surabaya. Target populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan mengkonsumsi susu cair “Ultra Milk” coklat kemasan 250 ml secara rutin minimal 5 kali dalam kurun waktu 6 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dan jenis non probability sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Skala pengukuran yang digunakan adalah numerical scale. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh secara signifikan pada loyalitas merek susu cair “Ultra milk” coklat kemasan 250 ml di Surabaya. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil prngujian hipotesis koefisien regresi (b) sebesar 0,873. Dalam hal ini pengaruh yang terjadi adalah positif dan hal itu berarti bahwa apabila kepuasan pelanggan susu cair “Ultra Milk” coklat kemasan 250 ml naik atau turun sebesar 1 satuan skor persepsi, maka loyalitas merek susu cair “Ultra Milk” coklat kemasan 250 ml juga akan naik atau turun sebesar 0,873 satuan skor persepsi. Hal tersebut juga membuktikan bahwa kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas merek susu cair “Ultra Milk” coklat kemasan 250 ml di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: pelanggan, kepuasan pelanggan, loyalitas merek, koefisien regresi, susu ultra mini
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 02 Jul 2014 04:07
Last Modified: 02 Jul 2014 04:07
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/19304

Actions (login required)

View Item View Item