Aplikasi Metode Poka-Yoke pada Proses Layanan Paket Pos Express di PT. Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan 60400

Winardi, William (2010) Aplikasi Metode Poka-Yoke pada Proses Layanan Paket Pos Express di PT. Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan 60400. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4902_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4902_Abstrak.pdf

Download (80kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/154922

Abstract

Dengan proses layanan yang terlihat begitu mudah dan tidak rumit pada layanan paket Pos Express di PT Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan, ternyata masih terdapat berbagai masalah yang menyebabkan adanya komplain dari konsumen. Sehingga dibutuhkan cara agar dapat menyelesaikan masalah yang terjadi dan memperbaiki kualitas layanan yang ada. Tujuan dan manfaat studi ini adalah untuk menerapkan metode poka-yoke yang dapat digunakan untuk mengantisipasi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dan yang akan mungkin terjadi pada layanan paket PT Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan. Dari segi akademis penelitian ini diharapkan dapat menjadi panduan atau referensi baik bagi penelitian lebih lanjut ataupun pendalaman pengetahuan terkait dengan process design. Penelitian ini menggunakan metode poka-yoke. Penelitian ini menggunakan PT Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan sebagai objek nya. Dalam penelitian ini dilakukan perancangan proses layanan pada layanan paket Pos Express yang kemudian dianalisa dan dicari kemungkinan kegagalan (failure) yang terjadi atau yang sudah terjadi. Setelah ditemukan kegagalan (failure) maka mulai dicari alternatifalternatif pemecahan berupa alat pendeteksi kesalahan untuk mencegah kesalahan akan terjadi dan aktivitas atau tindakan pada kesalahan yang telah terjadi dengan menggunakan metode poka-yoke. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses layanan paket Pos Express pada PT Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan yang terlihat begitu mudah dan tidak rumit, tetap saja bukanlah suatu proses yang terjadi tanpa kesalahan. Masih terdapat berbagai masalah yang terjadi dan mungkin terjadi. Dengan semua masalah yang terjadi tersebut memberikan dampak yang kurang baik terhadap kinerja proses layanan PT Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan dalam usahanya untuk memberikan layanan yang terbaik kepada semua konsumennya. Masih banyak hal yang harus diperbaiki oleh PT Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan untuk meningkatkan kualitas layanan yang ada. Salah satunya dengan sering memberikan pelatihan pada karyawan bagian loket dan perhatian lebih terhadap petugas PURI agar seluruh karyawan dapat bekerja dengan lebih maksimal.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: poka-yoke, process design, failure, PT Pos Indonesia Kantor Pos Surabaya Selatan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 21 Jul 2014 07:55
Last Modified: 21 Jul 2014 07:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20006

Actions (login required)

View Item View Item