Pengaruh Waktu Tunggu dan Lingkungan Tempat Menunggu terhadap Kepuasan Waktu Tunggu di Toko Dessa Ate di Sumba Barat

Suwindro, Silvy (2010) Pengaruh Waktu Tunggu dan Lingkungan Tempat Menunggu terhadap Kepuasan Waktu Tunggu di Toko Dessa Ate di Sumba Barat. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4869_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4869_Abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/132941

Abstract

Waktu tunggu dan lingkungan waktu tunggu dapat mempengaruhi kepuasan waktu tunggu. Kondisi ini terlihat menonjol pada badan usaha yang terdapat antrian didalamnya. Toko Dessa Atte adalah toko di Nusa Tenggara Timur yang menjual makanan, minuman, dan bahan kebutuhan pokok sehari-hari. Tiap hari ada antrian yang cukup panjang di toko ini. Oleh karena itu diadakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui, menguji, dan menganalisis besarnya pengaruh waktu tunggu yang dirasakan dan lingkungan tempat menunggu terhadap kepuasan waktu tunggu pada Toko Dessa Ate. Waktu tunggu yang dirasakan merupakan waktu yang diukur berdasarkan persepsi responden selama proses menunggu untuk mendapat suatu layanan di Toko Dessa Ate. Lingkungan tempat menunggu berhubungan dengan faktor keadaan fisik dan faktor penunjang eksplisit di Toko Dessa Ate. Kepuasan waktu tunggu diukur berdasarkan respon kognitif dan respon afektif yang dirasakan responden selama menunggu di Toko Dessa Ate. Baik waktu tunggu, lingkungan waktu tunggu, maupun kepuasan waktu tunggu dianalisis pada ketiga tahap pembelian barang di Toko Dessa Ate, yaitu: pengambilan barang, pengecekan, dan pembayaran. Hasil penelitian menemukan bahwa waktu tunggu tercepat menurut responden adalah pada tahap pembayaran. Lingkungan waktu tunggu yang paling baik menurut responden adalah pada tahap pengambilan barang. Responden merasa paling puas saat menunggu pada tahap pengambilan barang. Terdapat pengaruh positif atau searah antara waktu tunggu dan lingkungan waktu tunggu terhadap kepuasan waktu tunggu di Toko Dessa Ate pada tahap pengambilan barang, pengecekan barang, dan pembayaran. Hal ini sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa waktu tunggu yang lama dan lingkungan waktu tunggu yang tidak baik bisa membuat konsumen menjadi kurang puas, dengan kata lain apabila waktu tunggu dipersepsikan cepat dan lingkungan waktu tunggu dipersepsikan baik, maka kepuasan pelanggan pada tiap tahap akan naik, begitu juga dengan sebaliknya.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: waktu tunggu, lingkungan tempat menunggu, dan kepuasan waktu tunggu.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 07 Aug 2014 06:11
Last Modified: 07 Aug 2014 06:11
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20114

Actions (login required)

View Item View Item