Pengaruh Sense Of Belonging terhadap Member Loyalty pada Blackberry Messengers Community di Surabaya

ANTONO, CICILIA ANGGRAENI (2012) Pengaruh Sense Of Belonging terhadap Member Loyalty pada Blackberry Messengers Community di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5131_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5131_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227895

Abstract

Fakta menunjukkan bahwa penggunaan internet (dunia maya) sebagai tempat baru dalam berkomunikasi. Hal ini juga terlihat pada bermunculannya forum-forum diskusi ataupun komunitas di dunia maya (virtual communities). Hasil dari adanya komunikasi dan partisipasi dalam komunitas virtual tersebut salah satunya adalah trust, Saat anggota mempercayai anggota lainnya, mereka akan lebih bersedia berpartisipasi dan tumbuh rasa memiliki (sense of belonging). Sehingga Sense of Belonging sangat penting dalam perkembangan suatu komunitas karena tanpa adanya rasa memiliki maka tidak akan ada keterlibatan atau partisipasi anggota. Sense of belonging merupakan faktor kunci untuk menunjukkan loyalitas anggota karena loyalitas anggota akan menciptakan hubungan antar anggota menjadi lebih erat sehingga memegang peran penting dalam perkembangan komunitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, dan melakukan analisis, serta untuk membuktikan pengaruh Sense of belonging terhadap Member loyalty Blackberry Messengers di Surabaya. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Blackberry Messengers. Lin (2008), dalam penelitiannya mengemukakan bahwa Sense of belonging mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Member Loyalty. Variabel Sense of belonging dalam penelitian ini menggunakan indikator yang dikemukakan oleh Lin (2008), yaitu mempunyai perasaan memiliki yang kuat, perasaan senang, komitmen, tingkat moral yang tinggi. Sedangkan tiga faktor pembentuk Member Loyalty menurut Lin (2008), yaitu keyakinan, partisipasi, dan komunikasi. Desain studi menggunakan penelitian Kausal dengan Sense of belonging sebagai variabel independen dan Member Loyalty sebagai variabel dependen. Target populasi pengguna Blackberry Messengers di Surabaya yang pernah mempunyai, menggunakan, serta mengakses Blackberry Messengers setiap hari. Sampel yang digunakan sebesar 100 responden. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Sense of belonging dan Member Loyalty mempunyai hubungan yang positif dan mempunyai pengaruh yang signifikan sebesar 0.634. Dengan demikian hasil penelitian ini memperkaya hasil penelitian sebelumnya yaitu Lin (2008).

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Sense of belonging , Member Loyalty, Komunitas Virtual.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Moch. Ali Syamsudin 197011
Date Deposited: 08 Aug 2014 07:55
Last Modified: 08 Aug 2014 07:55
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20151

Actions (login required)

View Item View Item