Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka terhadap Layanan dan Koleksi E-journal di Perpustakaan Universitas Surabaya

Setiawan, Eko and Ulum, Amirul and ., Lasi (2013) Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka terhadap Layanan dan Koleksi E-journal di Perpustakaan Universitas Surabaya. Perpustakaan Univeristas Surabaya. (Unpublished)

[thumbnail of Halaman Judul.pdf]
Preview
PDF
Halaman Judul.pdf

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview

Abstract

E-journal atau jurnal elektronik telah merubah paradigma publikasi koleksi jurnal cetak yang selama ini dilanggan oleh perpustakaan. Banyak kelebihan yang ditawarkan oleh berbagai jenis penerbitan ataupun penyedia akses database ejournal. Kemudahan dan jangkauan akses e-journal menjadi nilai yang penting bagi pemustaka sebagai sumber informasi untuk menunjang proses pembelajaran dan penelitian. Beberapa hal lain juga perlu diketahui oleh perpustakaan sebagai penyedia layanan agar pemustaka dapat memanfaatkan secara maksimal, efektif dan efisien. Penelitian Analisis Tingkat Kepuasan Pemustaka Terhadap Layanan dan Koleksi E-journal di Perpustakaan Universitas Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan koleksi dan layanan ejournal, kendala yang dihadapi, serta kemudahan yang didapat oleh pemustaka. Survei dilakukan terhadap pemustaka dilingkungan Perpustakaan Universitas Surabaya yang memanfaatkan koleksi dan layanan e-journal dengan mengakses dari dalam maupun dari luar lingkungan kampus. Dari penelitian dapat memberikan masukan terhadap pihak manajemen untuk peningkatan kualitas informasi dan layanan koleksi e-journal yang dilanggan Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan metode survei, Jumlah responden yang diberi kuesioner sebanyak 415 responden dan yang memberi respon sebanyak 400 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa 97% responden mengakses e-journal yang dilanggan perpustakaan, 90% pemanfaatan artikel e-journal untuk membantu penyelesaian tugas perkuliahan, dan 95% responden merasa puas terhadap kualitas layanan e-journal. Hasil ini menunjukan bahwa layanan e-journal telah berguna sesuai dengan kebutuhan pemustaka dan secara efektif dan efisien membantu pemustaka dalam pencarain informasi yang diperlukan dengan cepat.

Item Type: Article
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
Divisions: Academic Department > Department of MKU
Depositing User: Lasi 193031
Date Deposited: 26 Aug 2014 04:15
Last Modified: 26 Aug 2014 04:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/20364

Actions (login required)

View Item View Item