Pengaruh Jenis Ekstraksi Cara Panas (Refluks) dan Cara Dingin (Pengadukan) Pada Ekstrak Rimpang Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) Terhadap Daya Peredam Radikal Bebas 1,1-Diphenyl-2-Picrylhidrazyl (DPPH)

Suhadi, Felicia Febianty Ineke (2004) Pengaruh Jenis Ekstraksi Cara Panas (Refluks) dan Cara Dingin (Pengadukan) Pada Ekstrak Rimpang Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb) Terhadap Daya Peredam Radikal Bebas 1,1-Diphenyl-2-Picrylhidrazyl (DPPH). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_1597_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_1597_Abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150256

Abstract

Telah dilakukan uji, pengaruh jenis ekstraksi yaitu cara panas (refluks) dan cara dingin (pengadukan) pada pembuatan ekstrak rimpang temulawak (Curcuma xanthorrhiza Roxb.) terhadap daya peredam radikal bebas DPPH (1,1-diphenyl-2- picrylhydrazyl) secara spektrofotometeri tampak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kapasitas peredaman radikal bebas ekstrak etanol rimpang temulawak secara refluks dan pengadukan. Uji kapasitas peredaman radikal bebas DPPH menggunakan pelarut metanol dan absorbansi diukur dengan spektrofotometer Hitachi U-2000 pada panjang gelombang (A.) 5 I 5,5 nm. Parameter yang diukur adalah harga ECso yang menunjukkan konsentrasi senyawa yang dapat mereduksi intensitas wama DPPH menjadi setengahnya. Harga EC5o ekstrak etanol rimpang temulawak secara refluks dan pengadukan masing-masing adalah sebesar 153,77 bpj dan 140,08 bpj. Hasil perhitungan statistik t-test (a = 0,05) menunjukkan ada perbedaan bermakna ekstrak etanol rimpang temulawak secara refluks dan pengadukan. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa ekstrak etanol rimpang temulawak secara pengadukan mempunyai kapasitas peredaman radikal bebas DPPH yang lebih besar dibandingkan dengan ekstrak etanol rimpang temulawak secara refluks.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 05 Nov 2014 07:48
Last Modified: 05 Nov 2014 07:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21332

Actions (login required)

View Item View Item