Selection Criteria Pengguna Freight Forwarder

Ariani, Yunita (2004) Selection Criteria Pengguna Freight Forwarder. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_629_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_629_Abstrak.pdf

Download (82kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148715

Abstract

Freight forwarder merupakan pcrusahaan jasa yang bergerak dalam pcnanganan barang cargo. Berdasarkan jurnal transportasi pada tahun 2003, terdaftar adanya 402 freight forwarder barn di Indonesia, 20 diantaranya adalah di Balikpapan. Perusahaan - perusahaan baru ini siap bersaing dengan freight fill·warder yang sudah Jebih dulu muncul. Dengan semakin banyaknya freight forwarder baru ini, menyebabkan konsumen menjadi lebih selektif dan akan memilihfreight forwarder berdasarkan kriteria- kriteria tertentu. Salah satu freight jiJrwarder di Balikpapan adalah PT. S yang khusus melayani perusahaan perminyakan dan pertambangan. Subjck pcnelitian ini adalah perusahaan - perusahaan yang menggunakan jasa lPM selama 3 tahun terakhir dan berlokasi di Kalimantan Timur dengan jumlah responden sebanyak 75 perusahaan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif, yang artinya bahwa penelitian ini mcnggambarkan kriteria pemilihan mereka terhadap PT. S. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode angket yang pemah digunakan oleh R Gray pada tahun 1980 dalam disertasinya yang beijudul A Social- Perceptual Approach to Freight Modal Choice. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas, diperoleh hasil 75 butir pertanyaan valid dengan indeks reliabilitas alpha ( a ) sebesar 0,6639. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kriteria yang paling banyak dipilih oleh konsumen adalah Service Orientation ( 42,7 % ) yang mengatakan bahwa PT. S mcmiliki harga yang cukup bersaing qibandingkan dengan kompetitornya yang lain serta memiliki jumlah layanan penanganap freight forwarder yang cukup banyak, kriteria kedua yang paling banyak dipilih adalah environmental factors ( 18,7 % ) dan yang ketiga adalah traJJ!c related factors ( 14,7 % ). Mayoritas konsumen PT. S adalah perusahaan perminyakan ( 44%) yang memiliki karyawan 51 - 100 orang ( 53,33 %) dengan lama berlangganan selama kurang lebih 5 tahun ( 40 % ) dan memiliki nilai transaksi diatas 10 juta rupiah ( 48 % ). Dari hasil penelitian disarankan agar PT. S juga lebih memperhatikan faktor - faktor yang lainnya yaitu , consignor related factors, service related factors, technical abilities dan image factors ;memberikan pelatihan - pelatihan mengenai penanganan barang cargo pada karyawan PT. S dan mempererat hubungan komunikasi dengan konsumen. Bagi penelitian selanjutnya disarankan untuk melakukan perbadingan dengan freight forwarder yang lain.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Sugiarto
Date Deposited: 15 Jan 2015 08:17
Last Modified: 15 Jan 2015 08:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/21919

Actions (login required)

View Item View Item