Sugiyanto, Eric (2007) Studi Brand Equity pada Sepeda Motor Yamaha Mio di Surabaya. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Perekonomian Indonesia yang semakin membaik berdampak pada pertumbuhan industri otomotif di Indonesia. Pertumbuhan di industri otomotif menyebabkan persaingan di dalam industri tersebut semakin ketat, khususnya di kelas motor matik. Hal ini dapat terlihat dengan semakin banyaknya produsen motor yang mulai masuk ke pasar motor matik ini. Oleh karena itu, Yamaha sebagai pemimpin pasar motor matik melalui produk andalannya Yamaha Mio berusaha untuk menciptakan ekuitas merek yang tinggi agar dapat selalu mempertahankan posisinya di pasar. Berdasarkan penelitian Faircloth pada tahun 2001, diketahui bahwa penciptaan ekuitas merek dipengaruhi oleh citra merek, dimana citra merek tersebut dipengaruhi oleh penciptaan sikap merek. Jadi, secara berurutan sikap merek mempengaruhi citra merek lalu citra merek tersebut mempengaruhi ekuitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh sikap merek terhadap citra merek serta menguji pengaruh citra merek terhadap ekuitas merek pada sepeda motor merek Yamaha Mio berdasarkan persepsi konsumen di Surabaya. Penelitian ini menggunakan teknik structural equation modelling (SEM) melalui program AMOS. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 135 responden dengan metode pengambilan sampel non probability sampling dan teknik pengambilan sampelnya adalah judgemental sampling. Dari hasil penelitian ini terbukti bahwa sikap merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap citra merek dan citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekuitas merek pada sepeda motor merek Yamaha Mio di Surabaya. Jadi penciptaan sikap merek Yamaha Mio yang positif dapat membentuk citra merek Yamaha Mio yang positif pula di benak konsumen, dimana citra merek Yamaha Mio yang positif tersebut nantinya dapat semakin meningkatkan ekuitas merek dari Yamaha Mio itu sendiri.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Brand equity, sepeda motor, yamaha |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Business and Economic > Department of Management |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 07:35 |
Last Modified: | 03 Feb 2015 07:35 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22191 |
Actions (login required)
View Item |