Hubungan Antara Persepsi Terhadap Jurusan A1,A2,A3 Dan Motif Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas III Di SMA Kristen Petra II Pagi Surabaya

Indri Christantie, Jeny (1993) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Jurusan A1,A2,A3 Dan Motif Berprestasi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas III Di SMA Kristen Petra II Pagi Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_14_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_14_Abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152127

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara persepsi terhadap jurusan Al,, A2, A3, dan motif berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa kelas III, apakah ada perbedaan persepsi terhadap jurusan A1, A2, A3 antara siswa kelas III dan apakah ada perbedaan motif berprestasi antara siswa kelas III jurusan Al, A2, dan A3. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III jurusan A1, A2, dan A3 di SMA Kristen Petra II Pagi Surabaya. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III A1-4, III A2-1, dan III A3-3 di SMA Kristen Petra II Pagi Surabaya, yang berusia 16-18 tahun dan memiliki IQ minimal normal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik "Purposive Sampling" dengan cara ini diperoleh sampel sebanyak 117 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket yang bersifat tertutup, tes, dan dokumentasi. Metode angket digunakan untuk mengungkap persepsi terhadap jurusan dan motif berprestasi, sedangkan metode tes digunakan untuk mengukur inteligensi para siswa dengan menggunakan tes CFIT Skala 3. Metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data prestasi siswa. Teknik analisis data digunakan Analisis Regresi 2 Prediktor untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap jurusan A1, A2, A3, dan motif berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa kelas III sedangkan Anava 1 jalur dipergunakan untuk membuktikan hipotesis minor. Uji hipotesis 1 diperoleh nilai F = 4,687 dengan p = 0,015 (p < 0,05) yang berarti signifikan. Jadi ada hubungan yang meyakinkan antara persepsi terhadap jurusan A1, A2, A3, dan motif berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa kelas III jurusan A1. Uji hipotesis 2 diperoleh nilai F = 0,070 dan p = 0,832 (p > 0,30) yang berarti tidak signifikan. Jadi tidak ada hubungan antara persepsi terhadap jurusan A1, A2, A3 dan motif berprestasi dengan prestasi belajar siswa kelas III jurusan A2. Uji hipotesis 3 diperoleh nilai F = 0,738 dan p = 0,511 (p > 0,30) yang berarti tidak signifikan. Jadi tidak ada hubungan antara persepsi terhadap jurusan A1,, A2, A3 dan motif berprestasi dengan prestasi belajar pada siswa kelas III jurusan A3. Uji hipotesis 4 yang merupakan hipotesa minor diperoleh nilai F = 1,057 dan p = 0,352 (p > 0,30) yang berarti tidak signifikan. Jadi tidak ada perbedaan persepsi terhadap jurusan A1, A2, A3 antara siswa kelas III Uji hipotesis 5 diperoleh nilai F = 0,255 dan p = 0,778 (P > 0,30) yang berarti tidak signifikan. Jadi tidak ada perbedaan motif berprestasi antara siswa kelas III jurusan Al, A2, dan A3.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2015 03:30
Last Modified: 04 Feb 2015 03:30
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22216

Actions (login required)

View Item View Item