-, Linawati (1997) Perbedaan Motif Berprestasi Ditinjau Dari Urutan Kelahiran Anak Dalam Keluarga Pada Siswa-Siswi SMPK Angelus Custos Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
ED_44_Abstrak.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Mendorong anak untuk dapat meningkatkan prestasi bukanlah hal buruk tetapi yang penting adalah harapan yang ditujukan pada anak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh anak tersebut. Dalam batas-batas tertentu, dorongan berprestasi adalah sesuatu yang ada menjadi ciri dari kepribadian seorang anak yaitu sesuatu yang di bawa dari lahir. Di pihak lain motif berprestasi ini ternyata dalam banyak hal merupakan sesuatu yang ditumbuhkan, dikembangkan, hasil dari mempelajari melalui interaksi dengan lingkungan. Urutan kelahiran yang berbeda di dalam keluarga menimbulkan perbedaan perlakuan pada anak, sehingga mempengaruhi pula perkembangan kepribadiannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan motif berprestasi antara anak sulung, anak tengah dan anak bungsu pada remaja di SMPK Angelus Custos Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SMPK Angelus Custos di Surabaya. Sampel penelitian adalah siswa-siswi kelas I pagi SMPK Angelus Custos Surabaya dan keurutan kelahiran anak dalam keluarga sebagai anak sulung, anak tengah dan anak bungsu, sebanyak 105 orang. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling, Metode pengumpulan datanya dengan metode angket, sedangkan teknik analisis datanya adalah: teknik Anakova I Kovariabel. Dari analisis data diperoleh basil bahwa ada perbedan motif berprestasi yang kurang signifikan antara anak sulung, anak tengah dan anak bungsu, pada siswa-siswi SMPK Angelus Custos Surabaya (F = I, 789 dengan p = 0,170). Diperoleh hasil pula bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara persepsi terhadap tuntutan orang tua dengan motif berprestasi (rxy = 0,700 dengan p = 0,000). Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu dan bennanfaat bagi lembaga pendidikan dan masyarakat khususnya orang tua untuk mengerti dan memahami kemampuan serta bakat dan minatnya anak sehingga dapat mengambil sikap yang bijaksana dalam mendidik terutama dalam memacu motif berprestasi anak.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 06:39 |
Last Modified: | 04 Feb 2015 06:39 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22247 |
Actions (login required)
View Item |