Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Ditinjau dari Metode Mengajar Pelajar

Arania S., Beliza (1999) Perbedaan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Ditinjau dari Metode Mengajar Pelajar. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_62_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_62_Abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152081

Abstract

Manusia dituntut untuk dapat melakukan persaingan di segala bidang baik da1am pendidikan maupun dalam pekerjaan. Salah satu bentuk persyaratan dalam pekerjaan adalah penguasaan bahasa Ingris secara aktif. Menurut Karim (1985), pentingnya bahasa Inggris bagi siswa, bisa dilihat pada tes ujian saringan masuk sekolah. lanjutan dan perguruan 1inggi serta tes seleksi calon pegawai. Penguasaan bahasa lnggris dapat dilibat melalui hasil belajar siswa di · pendidikan formal (sekolah) dan pendidikan informal dalam jangka waktu tcrtentu • yang dapat ditunjukkan dalam bentuk prestasi belajar. Keberbasilan pendidikan dalam pencapaian prestasi belajar yang tinggi ditentukan oleh beberapa faktor yang salah satunya metode mcngajar, motivasi belajar dan pendebatan guru terhadap siswa dalam proses belajar mengajar.Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedan prestasi belajar bahasa lngris ditinjau dari metode mengajar pengajar dengan mengendalikan motivasi bclajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas beginners di lnternasional language Program {ILP), baik di jalan Jawa maupun di jalan Darmokali Surabaya, siswa berusia antara 16 tahun sampai 22 tahun, penelitian ini mengambil dua kelas yang masing-masing kelas terdiri dari 15-17 orang. Teknik pengumpulan data motivasi belajar menggunakan angket tertutup dan data dianalisis dengan anakova satu jalur dengan satu kovariabel. Dengan mengendalikan motivasi bclajar tidak ada perbcdaan prcstasi belajar bahasa secara signifikan antara siswa di jalan darmo kali yang dibimbing oleh pengajar lokal yang menerapkan metode mengajar field trip dan team work maupun siswa di jalan Jawa yang dibimbing oleh pengajar asing yang menerapkan metode mengajar giving lecture dan problem solving (F=0,334 : p>O,OS), tanpa mengendalikan motivasi belajar tidak ada perbedaan prestasi beJajar bahasa Ingris antara siswa di jalan Darmo kali maupun siswa di jalan Jawa (F=O,l28 : p>O,OS), tetapi bila dilihat nilai reratanya nampak bahwa rata-rata prestasi belajar siswa di jalan Jawa lebih tinggi (Y = 73,200) daripada siswa di jajan Darmo kali (Y = 72,483). Prestasi belajar siswa yang tidak jauh berbeda karena siswa mempunyai kemampuan yang sama da1am menerima materi pelajaran yang diberikan oleh pengajar di kelas. Bila di lihat dati skor rata-rata motivasi belajar tidak ada perbedaan secara signifikan antara siswa di jalan Jawa (X = 107, 733) dengan motivasi belajar siswa di jalan Darmokali (X = 104, 467). Motivasi bela ar siswa yang tidak jauh berbeda karena pengajar dapat memotivasi siswa, karena siswa mempunyai motivasi

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 04 Feb 2015 08:57
Last Modified: 04 Feb 2015 08:57
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22279

Actions (login required)

View Item View Item