Perbedaan Penyesuaian Sosial Dan Prestasi Belajar Antara Murid Berkelanjutan Dengan Murid Pendatang Di SMU Katolik St. Carolus Surabaya

Marliati K., Veronica (1999) Perbedaan Penyesuaian Sosial Dan Prestasi Belajar Antara Murid Berkelanjutan Dengan Murid Pendatang Di SMU Katolik St. Carolus Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_68_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_68_Abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/152094

Abstract

Setiap tahun ajaran baru, seko1ah elit Indonesia yang berjenjang disibukkan kejadian rutin, yaitu penerimaan murid baru. Sekolah yang menyediakan jenjang pendidikan berkelanjutan sampai SMU, menghadapi murid baru yang bereda latar belakang dan asal sekolah, menghadapi murid. yaitu murid pendatang dan berkelanjutan. Sebagai murid baru sekaligus sebagai remaja, menghadapi masalah penyesuaian sosial, berprestasi serta mampu menjalani dan menyelesaikan tugas-tugas perkembangan sebagai remaja. Bila hal tersebut gagal dihadapi dan di1alui oleh mereka, dikhawatirkan akan mengganggu dan menghawbat tahap perkembangan selanjutnya. Menurut Munandar keberhasilan dalam penyesuaian diri seseorang tergantung dari kemampuannya untuk berpikir dan belajar. Sejanhmana seseorang dapat belajar dari pengalaman penga1amannya akan menentukan penyesuaian dirinya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah murid kelas J SMU St C&rolus di Surabaya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel yang terpakai 74 murid yang terdiri dari 37 murid berkelanjutan dan 37 murid pendatang. Metode yang digunakan da1am pengumpulan data yaitu metode dokumentasi, angket dan tes SPM yang diambil secara klasikal. Dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menggunakan teknik Analisis Kovarians 1 Jalur, didapatkan hasil : F = 0,172 ; p = 0,683 (p > 0,05) untuk pcnyesuaian sosial artinya tidak signifikan dan tidak mendukung hipotesis alternatif, serta F • 1,501; p • 0,222 (p > 0,05) untuk prestasi belajar artinya tidak signifikan dan tidak mendukung hipotesis altematif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan. penyesuaian sosial dan prestasi belajar antara murid berkelanjutan dengan murid pendatang SMU Katolik St Carolus di Surabaya.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 05 Feb 2015 03:35
Last Modified: 05 Feb 2015 03:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22292

Actions (login required)

View Item View Item