Thes, Yanti Riana (2004) Pengaruh Faktor Situasional Personal, dan Kepribadian Terhadap Intensitas Perilaku Altruisme Pendengar Aktif Radio SS. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Di era informasi seperti sekarang ini khususnya untuk kota-kota yang berkembang dituntut untuk memiliki suatu media massa yang dapat dijadikan sebagai sumber informasi meliputi media surat kabar, media televisi, media radio. Salah satu sumber informasi yang akan dibicarakan lebih lanjut adalah media radio. Media radio bersifat auditif dan mempunyai daya kekuatan untuk mempengaruhi khalayaknya : ( 1) media radio adalah satu-satunya media yang memiliki kemampuan untuk menyampaikan isi atau programnya secara langsung kehadapan pendengar (konsumen); (2) media radio bisa dinikmati sambil melakukan aktivitas lain, misalnya sedang mengendarai mobil, menyelesaikan tugas di kantor, atau sambil makan. Disamping sebagai media informasi, radio siaran dapat berfungsi sebagai media hiburan, promosi, media pendidikan, dan media bisnis. Pada penelitian ini, adalah Pengaruh faktor situasional, personal, dan kepribadian terhadap intensitas perilaku altruisme pendengar aktif radio SS, memakai gelombang 100 FM dan menerapkan format NEWS-INTERAKTIFSOLUTIF, maksudnya memberikan informasi yang berkaitan dengan seputar lalu lintas dan hal-hal yang terjadi di Surabaya, luar kota, sampai international. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendengar (konsumen) SS dan jumlah subyek penelitian adalah sebanyak 50 orang, diambil dengan teknik insidental sampling, dimana peneliti mengambil sampel dari pendengar SS yang ditemui. Pengambilan data dilakukan dengan angket yang akan mengukur pengaruh faktor situasional, personal, dan kepribadian terhadap intensitas perilaku altruisme pendengar aktif radio SS. Sedangkan data yang diperoleh akan dianalisis dengan teknik analisis regresi berganda. Hasil analisis didapatkan bahwa r sebesar 0,601 dengan nilai p 0,000 yang artinya pengaruh faktor situasional, personal, dan kepribadian terhadap intensitas perilaku altruisme pendengar aktif radio SS. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar radio SS memperluas segmen konsumen (pendengar), karena pendengar aktif radio SS cenderung didominasi pria dengan tingkat ekonomi menengah atas. Dengan perluasan segmen konsumen diharapkan proses informasi interaktif antara radio SS dan pendengar aktif terjadi pada semua pendengar tanpa terjadi dikotomi jenis kelamin, tingkat ekonomi dan lain-lain
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Eko Wahyudi 197013 |
Date Deposited: | 13 Feb 2015 03:27 |
Last Modified: | 13 Feb 2015 03:27 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/22912 |
Actions (login required)
View Item |