Dampak Komunikasi Melalui Sosial Media dan Media Tradisional dalam Membentuk Brand Equity dan Mempengaruhi Minat Beli Pada Smartphone di Jawa Timur

MUTTAQIEN, LAZUARDI HILMIL (2014) Dampak Komunikasi Melalui Sosial Media dan Media Tradisional dalam Membentuk Brand Equity dan Mempengaruhi Minat Beli Pada Smartphone di Jawa Timur. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MM_389_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MM_389_Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/237416

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui hubungan dan pengaruh dari brand communication pada brand equity melalui sosial media dibandingkan dengan media tradisional sehingga mempengaruhi minat beli smartphone di Jawa Timur. Penelitian merupakan replikasi penelitian sebelumnya oleh Bruhn et al., (2012) dengan judul “Are Social Media Replacing Traditional Media in Terms of Brand Equity Creation?”. Jumlah sampel sebesar 200 sampel dihasilkan dari survai online. Metode pengolahan data menggunakan metode Structural Equation Model yang diolah menggunakan program Lisrel 8.70. Brand image dibagi menjadi functional brand image dan hedonic brand image. Temuan dalam penelitian berbeda dengan penelitian Bruhn et al., (2012) yang menunjukkan bahwa komunikasi media tradisional (advertising) berpengaruh positif terhadap brand awareness dan brand image dan komunikasi sosial media dibuat distributor resmi berpengaruh positif terhadap brand image, sedangkan komunikasi sosial media dihasilkan pengguna biasa berpengaruh negatif terhadap brand awarenesss dan brand image. Brand image berpengaruh positif terhadap brand attitude. Terbentuk brand attitude memiliki pengaruh positif terhadap minat beli smartphone di Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: brand attitude, social media communication
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 18 Feb 2015 04:13
Last Modified: 05 Oct 2015 08:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23184

Actions (login required)

View Item View Item