Hubungan Konsep Diri dengan Brand Commitment Branded Jeans

Heriadi, Irma (2005) Hubungan Konsep Diri dengan Brand Commitment Branded Jeans. [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148658

Abstract

Tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan yang baik adalah impian semua orang, berbagai macam hal dilakukan untuk menunjang penampilan seseorang, berbagai barang dari mulai pemakaian kosmetik, parfum, hingga pakaian dipilih untuk menunjukkan siapa diri mereka. Namun selain bisa digunakan sebagai "simbol" dari dirinya saat ini konsumen juga akan memilih suatu produk yang praktis namun tetap gaya. Salah satu pilihan dalam hal berpakaianpun kini 1ebih digunakan konsep padu padan. Jeans banyak dipilih karena selain mudah untuk dipadu padankan jeans tidak pernah ketinggalan jaman pasalnya ini bisa jadi bervariasi, tampil gaya, dan boleh jadi menghemat biaya serta bisa menambah penampilan menjadi lebih sempurna, elegan, dan tetap bisa bergaya. Adapun jeans yang dipakai dalam penelitian ini adalah jeans bermerek Levi's. Brand commitment adalah kesetiaan konsumen kepada merek tertentu dibandingkan kepada merek lainnya dari kategori produk yang sama, karena adanya suatu hubungan emosional atau psikologis terhadap merek tersebut. Menurut Broback, 2001 Brand commitment yang muncul pada suatu produk atau merek dapat menyebabkan seorang konsumen sangat setia terhadap produkjeans Levi's sehingga konsumen hanya akan mempertahankan salah satu produk tertentu dengan resiko apapun walaupun menerima informasi negatif tentang produk tersebut. Broback, 2001 juga menyatakan bahwa komitmen juga terjadi karena keterlibatan pembelian yang pada gilirannya disebabkan oleh keterlibatan ego dengan kategori merek. Keterlibatan seperti itu terjadi bila suatu produk berhubungan erat dengan nilai, kebutuhan, dan konsep diri dari konsumen yang penting. Menurut Schiffman dan Kanuk (1994), konsep diri terdiri dari empat dimensi, namun yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep diri ideal Bagaimana konsumen melihat dirinya sesuai dengan keinginannya. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan konsep diri dengan Brand commitment branded jeans. Sampel yang digunakan adalah 93 orang dengan usia minimum 14 Tahun yang memakai atau menggunakan produkjeans Levi's. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan empat pilihan jawaban dari skala Likert. Pengujian hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment dengan program spss for windows versi 11.00.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri dan Brand Commitment
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 24 Feb 2015 08:09
Last Modified: 24 Feb 2015 08:09
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23333

Actions (login required)

View Item View Item