Analisis Efektivitas Action Control dan Result Control untuk Meminimalisasi Risiko Reputasi pada PT. Sun Life Financial Indonesia Kantor Cabang Kediri

Gunawan, Devina Natalia (2010) Analisis Efektivitas Action Control dan Result Control untuk Meminimalisasi Risiko Reputasi pada PT. Sun Life Financial Indonesia Kantor Cabang Kediri. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2629_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2629_Abstrak.pdf

Download (45kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131970

Abstract

Agen asuransi merupakan faktor penting yang menentukan kelangsungan hidup suatu perusahaan jasa keuangan. Pada perusahaan asuransi keterlibatan antara agen dengan pelanggan sangat tinggi, sehingga apabila agen asuransi tersebut berperilaku tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh pelanggan, maka perusahaan asuransi yang merupakan trustable institution akan kehilangan reputasinya di mata konsumen. Untuk itu, diperlukan adanya suatu sistem pengendalian manajemen yang baik dalam perusahaan supaya dapat memastikan bahwa karyawan perusahaan bertindak sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Sistem pengendalian yang diterapkan dapat berupa formal control yang terdiri dari action control dan result control. Action control mempengaruhi dan mendorong karyawan dengan melakukan pengendalian langsung atas pekerjaan yang dilakukan, sehingga mencegah kecurangan. Sedangkan result control, akan mempengaruhi dan memotivasi karyawan dengan melihat hasil kinerja yang dicapai. Yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana efektivitas penerapan action control dan result control untuk meminimalisasi risiko reputasi pada PT. Sun Life Financial Indonesia kantor cabang pemasaran Kediri. Permasalahan yang ada yaitu agen asuransi memberikan keterangan tidak benar, yang dapat menyesatkan pemahaman calon pemegang polis dan melakukan hal-hal yang tidak benar, seperti melakukan penggelapan premi. Memang pada awalnya tidak nampak adanya kerugian finansial, namun hal ini sangat merugikan perusahaan dalam hal risiko reputasi. Apabila permasalahan ini dibiarkan berlarut-larut maka akan runtuhlah kepercayaan nasabah terhadap perusahaan asuransi. Perusahaan asuransi sebagai trustable institution yang kehilangan kepercayaan masyarakat, maka secara cepat atau lambat namun pasti tidak akan bisa bertahan. Dengan kefektivitasan penerapan action control dan result control, diharapkan mampu meminimalisasi risiko reputasi yang dihadapi oleh PT. Sun Life Financial Indonesia kantor cabang Kediri.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Action Control, Result Control
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 26 Feb 2015 04:34
Last Modified: 26 Feb 2015 04:34
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23401

Actions (login required)

View Item View Item