Efektivitas Penerapan Action dan Result Control Tightness dalam Meningkatkan Customer Satisfaction pada PT. Nasional Bhirawa Tama di Malang

Winarto, Natalia (2010) Efektivitas Penerapan Action dan Result Control Tightness dalam Meningkatkan Customer Satisfaction pada PT. Nasional Bhirawa Tama di Malang. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of AK_2631_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
AK_2631_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131973

Abstract

Sumber daya manusia merupakan faktor penting bagi kelangsungan hidup suatu badan usaha. Sumber daya manusia menjadi penentu dikarenakan sumber daya manusia tetap merupakan pengelola seluruh sumber daya yang lain, sebaik apapun sistem yang diterapkan oleh suatu badan usaha tetap tidak dapat mengendalikan pikiran dari karyawan dan ketidaksesuaian antara pikiran karyawan dengan tujuan badan usaha menyebabkan timbulnya berbagai masalah dalam badan usaha. Untuk itulah dalam setiap badan usaha dibutuhkan sistem pengendalian manajemen yang sesuai dengan kebutuhan manajemen badan usaha. Sistem pengendalian manajemen yang baik merupakan faktor pendukung tercapainya tujuan dari badan usaha tersebut. Karena pengendalian ini bertujuan untuk mengendalikan karyawan agar dapat bertindak sesuai dengan yang diinginkan oleh organisasi. Bentuk pengendalian yang dapat diterapkan dalam badan usaha adalah pengendalian formal dan informal. Bentuk pengendalian formal adalah result dan action control dimana result control merupakan pengendalian yang langsung berfokus pada hasil yang dicapai oleh karyawan dan action control merupakan pengendalian yang berfokus pada tindakan yang dilakukan oleh karyawan tersebut. PT. Nasional Bhirawa Tama merupakan salah satu badan usaha yang bergerak di bidang manufaktur dan terletak di Malang. Badan usaha ini menawarkan produk berupa karet. PT. Nasional Bhirawa Tama menerapkan tight action control dan tight result control yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing divisi dalam perusahaan tersebut. Berdasarkan pada tight action dan result control yang diterapkan oleh PT. Nasional Bhirawa Tama, maka skripsi ini difokuskan untuk mengetahui bagaimana efektivitas action dan result control tightness dapat berpengaruh untuk meningkatkan customer satisfaction pada PT. Nasional Bhirawa Tama. Efektifitas action dan result control tightness yang diterapkan oleh PT Nasional Bhirawa Tama dapat dilihat dari kemampuan action dan result control tightness di dalam meningkatkan customer satisfaction yang membawa dampak positif yaitu tercapainya tujuan perusahaan seperti peningkatan penjualan, peningkatan laba serta pemenuhan seluruh kebutuhan pelanggan. Temuan dari penelitian ini ingin menunjukkan bahwa tight action dan result control mampu meningkatkan customer satisfaction.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Result Control Tightness, Customer Satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 17 Mar 2015 02:39
Last Modified: 17 Mar 2015 02:39
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23633

Actions (login required)

View Item View Item