Pengaruh Cara Ekstraksi (Perkolasi dan Soxhletasi) Buah Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.) terhadap Toksisitas pada Larva Artemia salina Leach)

Ely, Shilvya (2005) Pengaruh Cara Ekstraksi (Perkolasi dan Soxhletasi) Buah Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.) terhadap Toksisitas pada Larva Artemia salina Leach). [Undergraduate thesis]

Full text not available from this repository. (Request a copy)
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/150240

Abstract

Berdasarkan penelitian terdahulu terbukti bahwa ekstrak etanol buah Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.)yang telah dihilangkan bijinya bersifat toksik terhadap larva Artemia salina Leach. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut, apakah ekstraksi secara perkolasi (cara dingin) dan ekstraksi secara soxhletasi (cara panas) buah Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.) memberikan perbedaan terhadap toksisitasnya pada larva Artemia salina Leach. Kandungan kimia yang terdapat pada buah Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.) diekstraksi dengan cara panas (soxhletasi) dan dengan cara dingin (perkolasi) dengan menggunakan pelarut etanol 96 %. Filtrat yang diperoleh diuapkan dengan rotary evaporator dan dipekatkan dengan penangas air. Pada ekstrak kental yang diperoleh, dilakukan uji toksisitas secara Brine Shrimp Lethality Test (BSLT) pada konsentrasi uji 100 μg/ml, 150 μg/ml, 200 μg/ml dan dilakukan replikasi masing-masing sebanyak lima kali. Metode BSLT menggunakan larva Artemia salina Leach yang berumur 48 jam dan diberi perlakuan selama 24 jam dengan larutan ekstrak uji. Data kematian larva Artemia salina Leach dicatat dan diolah dengan komputer dengan menggunakan Finney Computer Program untuk menentukan harga LC50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak etanol buah Mahkota dewa (Phaleria macrocarpa (Scheff.) Boerl.) yang diekstraksi dengan cara perkolasi dan soxhletasi memberikan toksisitas yang tidak berbeda dimana harga LC5o rata-rata ekstrak etanol secara perkolasi dan soxhletasi masing-masing sebesar 135,5369 bpj dan 139,4860 bpj.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 08 Apr 2015 02:59
Last Modified: 08 Apr 2015 02:59
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/23856

Actions (login required)

View Item View Item