Relevansi Informasi Nilai Wajar Aset Tetap dan Properti Investasi - Studi Empiris pada Badan Usaha yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2013

Juwono, Tiffani Clarabella and Feliana, Yie Ke (2015) Relevansi Informasi Nilai Wajar Aset Tetap dan Properti Investasi - Studi Empiris pada Badan Usaha yang Terdaftar di BEI Periode 2008-2013. In: SEMINAR NASIONAL & CALL FOR PAPER PELUANG INDONESIA DALAM PERSAINGAN EKONOMI KREATIF GLOBAL, 12-13 Mei 2015, Universitas Kristen Maranatha, Bandung.

[thumbnail of Relevansi Informasi Nilai Wajar Aset Tetap dan Properti Investasi FULL PAPER Proceeding.pdf] PDF
Relevansi Informasi Nilai Wajar Aset Tetap dan Properti Investasi FULL PAPER Proceeding.pdf

Download (3MB)

Abstract

Standar akuntansi keuangan di Indonesia saat ini mengadopsi International Financial Reporting Standards (IFRS). Karakteristik utama laporan keuangan berbasis IFRS adalah dominasi penggunaan nilai wajar untuk penilaian. Penggunaan nilai wajar untuk penilaian diunggulkan dalam hal meningkatkan relevansi informasi yang disajikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan nilai wajar pada aset tetap dan properti investasi terhadap kualitas informasi laporan keuangan perusahaan, yang diproksikan dengan relevansi informasi akuntansi terhadap informasi pasar, berupa harga saham dan return saham perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode pengukuran nilai wajar terhadap aset tetap berupa tanah, peralatan, bangunan dan mesin memiliki relevansi informasi. Selain itu, penelitian ini menunjukkan pengukuran nilai wajar terhadap properti investasi tidak memiliki relevansi nilai terhadap harga saham dan return saham. Hasil penelitian ini menyarankan penggunaan nilai wajar hanya relevan untuk informasi tertentu bagi investor di Indonesia.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: IFRS, nilai wajar, aset tetap, properti investasi, relevansi nilai.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Accounting
Depositing User: Yie Ke Feliana 3193
Date Deposited: 22 May 2015 02:40
Last Modified: 04 Oct 2021 07:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24376

Actions (login required)

View Item View Item