Pengaruh CSR Terhadap Corporate Reputation dan Brand Equity melalui Mediasi Parsial Oleh Customer Satisfaction Pada Bank Mandiri di Surabaya

PRAJUGO, MICHAEL SAPUTRA (2015) Pengaruh CSR Terhadap Corporate Reputation dan Brand Equity melalui Mediasi Parsial Oleh Customer Satisfaction Pada Bank Mandiri di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_5547_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_5547_Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/238192

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh positif inisiatif corporate social responsibility (CSR) terhadap corporate reputation dan brand equity melalui mediasi secara parsial oleh customer satisfaction pada Bank Mandiri Surabaya. CSR dapat berperan sebagai iklan bagi perusahaan, di mana dampak periklanan dari CSR dapat dibedakan menjadi dua, yaitu dampak periklanan informatif dan persuasif. Dampak periklanan informatif CSR adalah pengaruh langsung terhadap corporate reputation dan brand equity. Sedangkan dampak periklanan persuasif CSR adalah pengaruh terhadap corporate reputation dan brand equity dimediasi secara parsial oleh customer satisfaction. Sebagai tambahan, penelitian ini juga menguji pengaruh langsung CSR terhadap customer satisfaction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode SEM menggunakan software Lisrel 8.7.0 dalam melakukan pengujian kesesuaian model, model pengukuran dan struktural. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling karena jumlah populasi tidak teridentifikasi. Jenis non probability sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan sampel berupa nasabah Bank Mandiri yang memenuhi karakteristik responden yang telah ditentukan. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 170. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh positif CSR terhadap customer satisfaction, corporate reputation, dan brand equity, sehingga semua hipotesis terkait dampak periklanan informatif dari inisiatif CSR terdukung. Di sisi lain, customer satisfaction terbukti memediasi secara parsial pengaruh positif CSR terhadap corporate reputation, namun tidak terbukti memediasi pengaruh positif CSR terhadap brand equity. Dengan demikian, dampak periklanan persuasif CSR terhadap corporate reputation terdukung, namun dampak periklanan persuasif CSR terhadap brand equity tidak terdukung.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: CSR, customer satisfaction
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 04 Jun 2015 07:56
Last Modified: 02 Sep 2015 07:48
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24549

Actions (login required)

View Item View Item