Studi Eksploratori: Faktor - Faktor Experiential Marketing Wisata Air Ciputra Waterpark Surabaya

Martinus, Ronald (2007) Studi Eksploratori: Faktor - Faktor Experiential Marketing Wisata Air Ciputra Waterpark Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4258_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4258_Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143728

Abstract

Surabaya merupakan salah satu pintu gerbang perdagangan utama di wilayah Indonesia Timur. Dengan segala potensi, fasilitas, dan keunggulan geografisnya Surabaya memiliki potensi ekonomi yang sangat besar. Sektor primer, sekunder, dan tersier di kota Surabaya sangat mendukung untuk semakin memperkokoh sebutan Surabaya sebagai kota perdagangan dan ekonomi. Dengan angka pertumbuhan jasa hiburan dan kebudayaan pada tahun 2003 yaitu sebesar 5,66% (sumber:www.surabaya.go.id), maka semakin ketatnya persaingan di bidang hiburan, para pemasar dituntut untuk lebih kreatif dalam memasarkan produknya. Tidak cukup jika hanya bersaing dari segi keunggulan fitur maupun benefit saja Para pemasar harus lebih mempertimbangkan bahwa konsumen tidak hanya berpikir secara rasional. Konsumen ingin dihibur, dirangsang, dipengaruhi secara emosional, dan ditantang secara kreatif. Dengan adanya experiential marketing akan menciptakan suatu kekuatan yang ampuh karena yang dijual bukan lagi sekedar produk atau jasa melainkan pengalaman yang tidak terlupakan (memorable experience). Yang penting disini adalah bagaimana bisa menawarkan pengalaman yang berkesan sehingga produk atau jasa tersebut akan mempunyai nilai jual dibanding dengan pesaingnya meskipun yang ditawarkan sama. Inilah diferensiasi yang membuat produk atau jasa mampu membuat konsumen rela membayar mahal dengan senang hati dan tanpa merasa terpaksa. Pengalaman-pengalaman inilah yang menjadi penentu kunci bagi kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. …

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 11 Jun 2015 07:18
Last Modified: 11 Jun 2015 07:18
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24611

Actions (login required)

View Item View Item