Experiential Marketing J.Co Donuts Coffee Surabaya : Studi Eksploratori Pengalaman Pelanggan

., Fenny (2007) Experiential Marketing J.Co Donuts Coffee Surabaya : Studi Eksploratori Pengalaman Pelanggan. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of M_4210_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
M_4210_Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143817

Abstract

Perkembangan dunia ekonomi dibidang industri makanan mengalami persaingan yang semakin ketat. Persaingan ini dapat dilihat dari banyaknya pilihan yang tersedia bagi konsumen. Hal ini menyebabkan pebisnis makanan berlomba-lomba melancarkan strateginya dengan menawarkan suatu konsep yang unik dan modern sehingga menarik konsumen khususnya kalangan menengah keatas yang peduli akan merek untuk dipengaruhi secara emosional, dirangsang, dan dihibur secara kreatif. Experiential marketing akan menciptakan suatu kekuatan yang ampuh karena yang dijual bukan lagi sekedar produk atau jasa melainkan pengalaman yang tidak terlupakan (memorable experience). Pengalaman-pengalaman inilah yang menjadi penentu kunci bagi kepuasan pelanggan dan loyalitas merek. Kejelian J.CO Donuts & Coffee memperhatikan experiential marketing yang juga memberikan "experience" kepada pelanggannya membuatnya lebih unggul daripada pesaing-pesaingnya. Elemen-elemen pengukurnya adalah sense experience, feel experience, think experience, act experience, dan relate experience. Untuk mendapatkan data primer melalui wawancara langsung secara mendalam (depth interview) terhadap responden berdasarkan pertanyan-pertanyaan mengenai penerapan faktor-faktor experiential marketing pada J.CO Donuts & Coffee di Supermal Pakuwon dan responden yang berdomisili di Surabaya. Adapun yang menjadi target populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pria dan wanita yang telah membeli dan mengkonsumsi makanan dan minuman kopi di J.CO Donuts & Coffee minimal dua kali dalam sebulan yang berdomisili di Surabaya dan pendidikan minimal SMU Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, untuk faktor sense experiece hampir semua aspek dapat dirasakan oleh pelanggan, faktor feel experience, pengunjung merasa nyaman, untuk faktor think experience pelanggan menyenangi konsep yang unik dan modern, Untuk faktor act experience, ditemukan bahwa pengunjung akan kembali mengunjungi J.CO Donuts & Coffee setelah kunjungan pertamanya yang menyenangkan dan tidak terlupakan, untuk faktor relate experience, ditemukan bahwa hampir semua pengunjung J.CO mempunyai nilai diri yang gemar makanan camilan dan ke kafe.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Business and Economic > Department of Management
Depositing User: Karyono
Date Deposited: 11 Jun 2015 08:35
Last Modified: 11 Jun 2015 08:35
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24631

Actions (login required)

View Item View Item