Rahajeng, Christta Ayu (2009) Tanggapan Peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Karyawan (JPKK) Terhadap Kualitas Layanan Kamar Obat di Rumah Sakit TNI Al Dr. Ramelan Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
F_2729_Abstrak.pdf Download (45kB) | Preview |
Abstract
Layanan yang berkualitas dibentuk oleh adanya penilaian yang dirasakan oleh seseorang. Kualitas layanan menurut Parasuraman terdiri dari lima dimensi yaitu reliability (kehandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan), emphaty (empati), tangibles (tampak fisik). Telah dilakukan penelitian tentang kualitas layanan di Kamar Obat Rumah Sakit TNI AL Dr. Ramelan Surabaya, melibatkan 103 subyek penelitian, seluruhnya merupakan tenaga keperawatan Rumah Sakit TNI AL Dr. Ramelan yang memanfaatkan fasilitas Jaminan Pemeliharaan Kesehaan Karyawan (JPKK) di Rumah Sakit tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas layanan di kamar obat Rumah Sakit TNI AL Dr. Ramelan Surabaya berdasarkan atas lima dimensi tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang dianalisis secara deskriptif. Teknik sampling menggunakan purposive sampling. Data yang diambil dengan menggunakan metode survey dengan alat ukur berupa kuisioner menggunakan skala likert 4 tingkat. Dari hasil penelitian menunjukkan 89,61% subyek penelitian menilai kualitas layanan kamar obat baik. Sebanyak 76,70% subyek penelitian menilai reliability baik, 64,13% subyek penelitian menilai responsiveness baik, 94,18% subyek penelitian menilai tangible baik, 78,64% subyek penelitian menilai empathy baik, 74,76% subyek penelitian menilai assurance juga sudah baik.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jaminan kesehatan, kualitas layanan kamar obat |
Subjects: | R Medicine > RS Pharmacy and materia medica |
Divisions: | Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 07:02 |
Last Modified: | 19 Jun 2015 07:02 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/24687 |
Actions (login required)
View Item |