Hubungan Antara Kematangan Sosial Dan Inteligensi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa-Siswi Kelas Satu Sekolah Dasar Khadijah Surabaya

Afida, Luluk (1991) Hubungan Antara Kematangan Sosial Dan Inteligensi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa-Siswi Kelas Satu Sekolah Dasar Khadijah Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of P_52_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
P_52_Abstrak.pdf

Download (76kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/143672

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui hubungan antara kematangan sosial dan inteligensi dengan prestasi belajar serta mengetahui sumbangan efektif dari kematangan sosial dan inteligensi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah hipotesis mayor, ada hubungan antara kematangan sosial dan inteligensi dengan prestasi belajar sedang hipotesis minornya ada hubungan antara kematangan sosial dengan prestasi belajar dan ada hubungan inteligensi dengan prestasi belajar. Adapun subyek dalam penelitian 1n1 adalah siswa-siswi kelas satu Sekolah Dasar Khadijah Surabaya Jalan Ahmad Yani nomer 2 -4 Surabaya. Penelitian ini menggunakan "Psychological Approah" dan metode kros seksional.Teori psikologi yang mendasari adalah psikososial dari Erickson. Untuk mendapatkan data penelitian mengenai kematangan sosial digunakan angket, untuk melihat inteligensi subyek digunakan tes CPH dan untuk mendapatkan data mengenai prestasi belajar diguna-kan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan "An~lisis Regresi" dua prediktor dan "Korelasi Parsial" jenjang pertama. Hasil yang diperoleh adalah ada hubungan antara kematangan sosial dan inteligensi dengan prestasi belajar dengan F = 35,708 dan p = 0,000, ada hubungan antara kematangan sosial dengan prestasi belajar r = 0,375 dan p = 0,002, ada hubungan antara inteligensi dengan presta-si belajar r = 0,594 dan p = 0,000 serta sumbangan efektifnya sebesar 52,351% dari inteligensi sebesar 36,815 dan dari kematangan sosial sebesar 15,537%. Dengan demikian sumbangan efektif inteligensi lebih besar dari pada kematangan sosial dalam memprediksi prestasi belajar.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 24 Aug 2015 03:45
Last Modified: 24 Aug 2015 03:45
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25288

Actions (login required)

View Item View Item