Studi Deskriptif Persepsi terhadap International Class Program (ICP) di SDNU-1 Trate Gresik

Maulida, Nurina Rachma (2010) Studi Deskriptif Persepsi terhadap International Class Program (ICP) di SDNU-1 Trate Gresik. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_388_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_388_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133063

Abstract

Saat ini telah banyak bermunculan sekolah yang memiliki program Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) dalam berbagai jenjang pada setiap daerah di seluruh Indonesia. Beberapa sekolah di Jawa Timur sudah memasukkan proposal agar dapat disahkan menjadi salah satu rintisan SBI. Kota Malang pada tahun 2008 telah mengajukan 12 Sekolah Dasar menjadi rintisan sekolah bertaraf internasional (KOMPAS Jawa Timur. Kamis, 03 Juli 2008. Hal :10). Seperti halnya di Malang, Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama 1 Trate Gresik (SDNU-1) juga menerapkan Sekolah Berbasis Internasional yang berbentuk International Class Program (ICP) pada kelas 1 yang baru dimulai pada tahun ajaran 2008/2009 dan belum pernah diterapkan sebelumnya. Penerapan ICP pada kelas I ini pun bertentangan dengan ikhtiar penjamin mutu sekolah/madrasah bertaraf Internasional. karena dalam masa usia awal masuk sekolah dasar, anak diharapkan memperoleh dasar-dasar pengetahuan dan mempelajari berbagai keterampilan. Dari survey awal, terlihat ada perbedaan persepsi antara orang tua yang mempunyai persepsi bahwa ICP merupakan kelas berbahasa Inggris, dan harapan orang tua agar anak pintar berbahasa Inggris. Persepsi guru mengenai kurikulum ICP serta kesiapan dan kendala siswa atas dilaksanakannya program ICP di SDNU-1 Trate Gresik. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana persepsi orang tua, siswa dan guru terhadap International Class Program. Subjek penelitian ini adalah guru pengajar ICP, orang tua siswa serta siswa kelas 1 dan 2 ICP, Metode pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah teknik total population study. Teknik untuk pengambilan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Data yang diperoleh menunjukkan adanya persepsi siswa yang sangat positif dengan persentase sebesar 64.91 %. Orang tua dan Guru memiliki pandangan bahwa tujuan pembelajaran ICP adalah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Adapun kendala yang dialami oleh guru dan siswa juga terkait dengan bahasa.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: International Class Program, Persepsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 06 Oct 2015 03:02
Last Modified: 06 Oct 2015 03:02
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25593

Actions (login required)

View Item View Item