PENGEMBANGAN KEMAMPUAN VISUAL-SPATIAL INTELLIGENCE BAGI PELAJAR SMA DI SURABAYA UNTUK PERSIAPAN PRA-UNIVERSITAS SENIRUPA & DESAIN

Putra, Kumara Sadana and Herdiana, Wyna (2015) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN VISUAL-SPATIAL INTELLIGENCE BAGI PELAJAR SMA DI SURABAYA UNTUK PERSIAPAN PRA-UNIVERSITAS SENIRUPA & DESAIN. In: SEMNAS UNIBA 2015, 10 September 2015, Hotel Syariah Solo.

[thumbnail of kumara_UBAYA_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
kumara_UBAYA_Abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of kumara_UBAYA.pdf] PDF
kumara_UBAYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
Official URL / DOI: http://semnas.uniba.ac.id/makalah

Abstract

Indonesia tengah menggalakkan Ekonomi Kreatif sebagai tulang punggung pemasukan devisa alternatif. Sementara pada sektor pendidikan, dimana creative talent pool seperti perguruan tinggi dan terutama Sekolah Menengah Atas (SMA) ternyata belum mempunyai kurikulum yang menunjang perkembangan individu yang memiliki kemampuan visual-spatial intelligence & creative thinking (Pemetaan Materi Perkuliahan Gambar Bentuk dengan Pendekatan Visual-Spatial Intelligence sebagai Acuan Pembuatan Media Ajar Demo Reel Proses Menggambar dan Rendering Desain Produk, Kumara Sadana, 2009). Sehingga terjadi gap antara outcome kompetensi yang dihasilkan SMA dan kualitas intake kompetensi yang dibutuhkan Perguruan Tinggi (PT) jurusan Seni Rupa & Desain. Dari wawancara dan observasi terhadap beberapa siswa dan Guru pelajaran Seni Rupa di Kecamatan Genteng Surabaya, yaitu SMAN 5 & SMAN 2 ternyata ditemukan kondisi umumnya siswa tidak mengetahui tentang apa itu jurusan Seni Rupa & Desain, Universitas mana yang memiliki jurusan tersebut, dan ditemukan keraguan terhadap prospek pekerjaan maupun jenjang karirnya. Oleh karena itu siswa yang berpotensi ini perlu dimotivasi dan diberi informasi terkait dengan dunia seni rupa & desain. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui observasi, IDI terhadap guru-guru MGMP Senirupa se-Surabaya. Dan eksperimen pembuatan materi ajar. Penelitian ini menghadirkan output berupa kurikulum dan media ajar yang sesuai dengan kebutuhan intake PT senirupa & desain berupa video demoreel. Output kedua berupa katalog informasi PT senirupa & desain di Surabaya khususnya serta pulau Jawa umumnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: desain, media ajar, senirupa, siswa SMA, visual-spatial
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Divisions: Faculty of Creative Industry > Department of Product Design and Management
Depositing User: KUMARA SADANA PUTRA 209014
Date Deposited: 08 Oct 2015 01:33
Last Modified: 08 Oct 2015 02:15
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/25602

Actions (login required)

View Item View Item