Pemodelan Pengaruh Anticipatory Mechanism terhadap Penggunaan Kartu Kredit terkait Loyalitas Program dalam Berbelanja di Hypermarket dengan Metode Regresi Logistik : Studi Kasus pada Carrefour

Tandean, Febrianto (2009) Pemodelan Pengaruh Anticipatory Mechanism terhadap Penggunaan Kartu Kredit terkait Loyalitas Program dalam Berbelanja di Hypermarket dengan Metode Regresi Logistik : Studi Kasus pada Carrefour. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_3229_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_3229_Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/133185

Abstract

Persaingan industri ritel yang semakin ketat mendorong setiap perusahaan untuk mampu mendayagunakan seluruh sumber dayanya secara maksimal. Carrefour sebagai salah satu hypermarket terbesar di Indonesia yang berdiri pada tahun 1998 tidak luput dari persaingan tersebut. Oleh karena itu di tengah persaingan yang semakin ketat, perusahaan ritel gencar melakukan promosi melalui loyalty program sebagai salah satu competitive advantage. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari loyalty program terkait kartu kredit Carrefour-BCA dengan memodelkan pengaruh variabel demografi, perilaku konsumen, loyalty program dan retail factor terhadap minat apply kartu kredit Carrefour- BCA yang dilakukan dengan metode regresi logistik. Selain itu juga memodelkan pengaruh variabel demografi, perilaku konsumen, loyalty program dan retail factor terhadap ukuran pembelian (purchase bill) untuk mengetahui karakteristik dari valuable customer Carrefour. Terdapat perbedaan variabel dependen pada kedua model tersebut, yaitu pada variabel ukuran pembelian, frekuensi belanja, dan kebiasaan menggunakan kartu kredit. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisis yakni analisis deskriptif, analisis crosstab, analisis manova, analisis kuadran, dan analisis regresi logistik. Analisis crosstab dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan ketergantungan antara profil responden dan perilaku belanja terhadap kepemilikan kartu kredit Carrefour-BCA. Hasilnya menunjukan terdapat ketergantungan pada variabel umur, pengeluaran, frekuensi belanja, lama pelanggan, dan ukuran pembelian terhadap kepemilikan kartu kredit Carrefour-BCA. Analisis manova menunjukkan ada perbedaan variabel loyalty program dan retail factor antara konsumen yang memiliki kartu kredit Carrefour-BCA dan yang tidak memilikinya. Selanjutnya dilakukan analisis kuadran untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan variabel program loyalitas kartu kredit Carrefour-BCA dan retail factor. Hasil analisis kuadran menunjukkan bahwa variabel loyalty program yang perlu diperbaiki adalah merchandise untuk ditukarkan dengan poin, transfer poin terhadap anggota keluarga, dan tiket penerbangan untuk ditukarkan dengan poin. Berdasarkan analisis regresi logistik, kartu kredit Carrefour-BCA sebagai salah satu program loyalitas Carrefour belum berfungsi secara efektif karena tidak satupun dari variabel loyalty program signifikan mempengaruhi minat apply kartu kredit dan ukuran pembelian konsumen. Hasil analisis regresi logistik menunjukkan bahwa variabel yang signifikan mempengaruhi minat apply kartu kredit dan ukuran pembelian adalah variabelvariabel demografi, perilaku belanja, dan retail factor. Wanita cenderung berminat melakukan apply kartu kredit 27,45 kali dibandingkan pria. Konsumen Carrefour yang memiliki frekuensi belanja setiap minggu memiliki kecenderungan berminat apply kartu kredit Carrefour-BCA 1,574 kali lebih besar dibandingkan dengan konsumen yang frekuensi belanjanya setiap dua bulan. Konsumen dengan durasi belanja >45 menit memiliki potensi sebesar 9,73 kali dibandingkan dengan konsumen yang memiliki durasi belanja <15 menit untuk menjadi valuable customer Carrefour. Sedangkan konsumen yang merasa sangat puas terhadap harga yang ditawarkan Carrefour cenderung 17,315 kali berpotensi menjadi valuable customer Carrefour. Setelah mengetahui variabelvariabel yang signifikan maka diberikan usulan perbaikan yakni dengan meningkatkan CRM melalui database pelanggan, meningkatkan respon terhadap komplain dengan memperpendek lapisan manajemen, serta merancang strategi pemasaran kartu kredit Carrefour-BCA untuk segmen khusus yaitu wanita pada rentang usia 36-45 tahun.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Anticipatory Mechanism, Kartu Kredit, Loyalitas Program, Metode Regresi Logistik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 17 Nov 2015 11:05
Last Modified: 17 Nov 2015 11:05
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/26089

Actions (login required)

View Item View Item