Guru, Perkembangan Anak, dan Manajemen Kelas : Sebuah Pengembangan Modul

Rangiwulan, Michelle Angelica (2016) Guru, Perkembangan Anak, dan Manajemen Kelas : Sebuah Pengembangan Modul. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of ED_436_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
ED_436_Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/242364

Abstract

Harapan Sekolah X terhadap para guru Sekolah Dasar kelas 1 adalah para guru mampu memahami karakteristik siswanya yang unik dan berbeda-beda. Oleh karena itu, perlakuan guru yang diharapkan oleh Sekolah X juga sesuai dengan karakter dan kebutuhan siswa itu sendiri. Sekolah X juga berharap agar para guru mampu mengelola kelas dan siswanya dengan baik sehingga kegiatan belajar mengajar berjalan dengan lancar. Akan tetapi, pada kegiatan belajar mengajar para guru masih perlu memaksimalkan pemahaman serta kemampuan dalam memahami siswa serta mengatur kelas. Oleh karena itu, peneliti menyusun modul “Guru Efektif: Pemahaman Siswa dan Manajemen Kelas bagi Guru Sekolah Dasar Kelas 1” yang ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan guru dalam menerapkan pengajaran dengan konsep perkembangan anak dan manajemen kelas. Modul merupakan salah satu cara dalam memberikan pendidikan bagi orang dewasa yang dilakukan melalui proses kognitif dan behavioristik. Pengambilan data akan dilakukan dengan metode kualitatif yang berupa wawancara kepada dua wali kelas 1 SD. Selain itu, data juga akan didapat dari hasil observasi terhadap tiga kelas dari kelas 1 SD. Peneliti memilih modul dikarenakan modul merupakan bahan ajar yang efektif dalam memberikan pemahaman dan keterampilan yang baru. Modul “Guru Efektif: Pemahaman Siswa dan Manajemen Kelas bagi Guru Sekolah Dasar Kelas 1” akan disusun dengan tiga materi, yaitu guru dan siswa, perkembangan anak, serta manajemen kelas. Modul ini kemudian diberikan kepada tiga penguji untuk dievaluasi. Modul ini juga diuji cobakan pada kegiatan belajar di kelas. Hasil dari evaluasi modul ini mampu memberikan manfaat bagi para guru kelas 1 SD. Modul dinilai mampu memberikan pemahaman baru kepada guru mengenai pengajaran dengan prinsip perkembangan anak dan manajemen kelas. Penerapan tips-tips aplikatif modul juga dinilai bermanfaat karena memberikan hasil yang baik bagi guru. Bahasa dalam modul ini juga mudah dipahami serta penampilan modul yang menarik. Materi dalam modul ini juga dinilai mudah dimengerti dan dapat diterapkan dalam kegiatan mengajar di kelas.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: modul, perkembangan anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 22 Jun 2016 07:23
Last Modified: 22 Jun 2016 07:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28018

Actions (login required)

View Item View Item