FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP DAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK E-DEALS PADA PERUSAHAAN GROUPON INDONESIA

Darmadi, Eka and Anandya, Dudi (2016) FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP DAN MINAT BELI KONSUMEN TERHADAP PRODUK E-DEALS PADA PERUSAHAAN GROUPON INDONESIA. In: Konferensi Riset Manajemen X, 20-22 september 2016, Mataram Lombok.

[thumbnail of Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap_Abstrak_2016.pdf]
Preview
PDF
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap_Abstrak_2016.pdf

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Minat Beli Konsumen-Dudi Anandya.pdf] PDF
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Minat Beli Konsumen-Dudi Anandya.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
Official URL / DOI: http://researchcase-ppm.com/knrm-lombok/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisa dan membuktikan faktor sikap (perceived value dan price consciousness) dan minat beli (attitude towards e-deals, normative influence, informative influence, dan perceived behavior control) konsumen terhadap produk e-deals pada perusahaan penyedia e-deals Groupon Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori TPB (theory of planned behavior) yang dikemukakan oleh Ajzen sebagai fondasi dalam membangun model penelitian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode SEM structural equation modeling menggunakan software AMOS 18 dalam pengolahan data. Penelitian ini menggunakan sampel yang merupakan konsumen yang pernah melakukan pembelian di Groupon Indonesia. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 240 responden. Penelitian ini menggunakan uji kecocokan model penelitian dan uji CFA (confirmatory factor analysis) dan uji model struktural, juga dilakukan respresifikasi atau modifikasi model struktural untuk memperoleh nilai goodness-of-fit yang lebih baik. Temuan dalam penelitian ini memiliki perbedaan dari penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Cheah et al 2014. Penelitian ini menemukan bahwa perceived value memiliki hubungan positif dengan attitude towards e-deals, price consciousness memiliki hubungan positif dengan attitude towards e-deals, normative influence memiliki hubungan positif dengan intention to buy e-deals, informative influence tidak memiliki hubungan positif dengan intention to buy e-deal, perceived behavior control memiliki hubungan positif dengan intention to buy e-deals. Pada penelitian memiliki perbedaan dengan penelitian sebelumnya, diantaranya adalah lokasi, waktu, gaya hidup dan budaya responden dalam penelitian ini. Kata Kunci: Theory of Planned Behavior, Attitudes towards e-deals, Price Consciousness, Perceived Value, Perceived Behavior Control.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Theory of Planned Behavior, Attitudes towards e-deals, Price Consciousness, Perceived Value, Perceived Behavior Control
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: DUDI ANANDYA
Date Deposited: 07 Oct 2016 02:26
Last Modified: 24 Mar 2021 15:28
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28485

Actions (login required)

View Item View Item