JONOWIBOWO, MICHAEL JOSHUA (2016) Perbedaan Teamwork Skill Antara Pemain Online Game Berkelompok dan Individu pada Game Defence of The Ancient 2. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
S_410_Abstrak.pdf Download (69kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan kerja sama atau teamwork skill menjadi softskill yang penting karena akan menentukan bagaimana seseorang dapat berkontribusi ketika bekerja sama dalam kelompok. Teamwork skill mencangkup beberapa aspek yaitu komitmen bersama, saling percaya, dan saling menghormati yang dapat dilihat dari Game Defence of The Ancient (DotA) DotA 2 merupakan Game yang diminati di kalangan remaja yang berbasis strategi Game. Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan teamwork skill antara pemain Game yang bermain secara berkelompok dengan individu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X, XI, dan XII SMAK Santo Hendrikus Surabaya. Sampel penelitian ini (N=100 orang) dipilih dari populasi dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket teamwork skill yang diadaptasi dari penelitian Belbi (2002). Hipotesis penelitian diuji dengan teknik independent sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada perbedaan teamwork skill antara pemain yang bermain dengan kelompok dengan yang bermain secara individual (t=0,761 dan sig=0,142) sebab adanya persamaan pada lingkungan sekitar yang sudah menciptakan hubungan saling percaya dan saling menghormati yaitu lingkungan sekolah dengan kelompok dalam dunia nyata. Saran dari penelitian ini adalah teamwork skill lebih diutamakan pada peningkatan kemampuan untuk memiliki komitmen dengan cara meningkatkan kemampuan kooperatif.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Online game, komitmen |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 07:50 |
Last Modified: | 23 Feb 2017 07:50 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28966 |
Actions (login required)
View Item |