Santoso, Paulus (2006) Peningkatan Kualitas Proses Di UD Tanjung Harapan, Surabaya. [Undergraduate thesis]
Preview |
PDF
TM_2709_Abstrak.pdf Download (67kB) | Preview |
Abstract
UD Tanjung Harapan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang mebeler yang terbuat dari bahan baku aluminium. Adapun produk yang dihasilkan adalah meja setrika, jemuran pakaian, rak piring dan sebagainya. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan konsumen yang semakin kritis dalam menentukan pilihan produk UD Tanjung harapan dipaksa untuk dapat meningkatkan kualitasnya, padaa kenyataannya perusahaan ini sering mendapat komplain dari pelanggan mengenai kualitas produknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas proses padaa UD Tanjung Harapan dengan memperhatikan proses produksi untuk pembuatan produk. Dalam setiap proses produksi terdiri dllri beberapa proses pengetjaan bahan baku setengah jadi seperti aluminium, hardboard dan kaca dlmana dalam setiap proses pengetjaan ini ditemukan cacat. Pihak perusahaan belum dapat mengetahui jumlah cacat yang tetjadi selama ini .sehingga dalam penelitian ini data yang terkumpul adalah dari observasi di Iantai produksi data dikqmpulkan selama 6 minggu mulai Desember 2005 sampai Januari 2006. Karena kurangnya data maka tools motu tidak dapat digunakan seluruhnya dan hanya menggunakan diagram Ishikawa, diagram Pareto, check sheet dan flow chart untuk mengidentifikasi jumlah dan jenis cacat tersebut. Setelah mengidentiflkasi cacat yang tetjadi kemudian penelitian dilanjutkan untuk mencari penyebab cacat ini. Penyebab cacat yang diketemukan ternyata dipengaruhi oleb faktor manusia dan metode. Untuk ito perlu diajukan usulan perbaikan kepadaa pihak perusahaan. Usulan perbaikan yang diajukan dan disetujui oleh pihak perusahaart adalah program training Gung Ho Leadership dan penyusunan dokumentllsi motu. Training Gung Ho Leadership ini di~ untuk meningkatkan kinetja karyawan dan memotivasi karyawan untuk~bib berSemangat dalam beketja. Penyusunan dokumentasi muttt digunakan untuk menstancfardkan operasi ketja yang ada di perusaJMag, selain ito juga untuk mendokumentasikan dan mengetahui jumlah cacat yang tl'l:iadi perminggunya. Dalam dokumentasi mutu ini juga dapat diidentifikasi kinetja dari setiap Operator. Hasil yang didapatkan dari training Gung Ho leadership adalah kinetja dari operator lantai produksi meningkat hal ini terlihat dari basil kuisioner yang diperoleh sebelum dan sesudah implementasi dimana ditemukan beberapa faktor yang mempengaruhi kinetja dari karyawan yaitu faktor gaji, hubungan dengan atasan dan" kondisi peralatan ketja. Untuk implementasi perbaikan yang dibuat adalah penyusunan ~ motu yang nantinya dapat mengatur,tentang standard ketja yang tepat bagi karyawan.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Masyhur 196042 |
Date Deposited: | 27 Feb 2017 06:50 |
Last Modified: | 27 Feb 2017 06:50 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/28995 |
Actions (login required)
View Item |