Perbaikan Penataan Barang Dan Fasilitas Kerja Pada Toko SYL, Surabaya

Tiono, Carolina Anita (2004) Perbaikan Penataan Barang Dan Fasilitas Kerja Pada Toko SYL, Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2278_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2278_Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135569

Abstract

Persaingan antar industri khususnya retail (toko pengecer) semakin ketat. Untuk bisa survive suatu retail hams dapat mengimbangi langkah-langkah pembaharuan yang tidak hanya menitik beratkan pada sumber daya manusia saja tetapi juga pada kualitas pelayanan yang meliputi kenyamanan berbelanja, penyediaan produk dan infonnasi produk. Toko SYL, Surabaya adalah sebuah retail yang menjual bahan serta alat kue, dengan adanya penataan letak barang yang tepat diharapkan dapat menimbulkan kesan yang nyaman bagi pembeli, dan yang perlu untuk dievaluasi adalah daerah pembayaran, yaitu letak dari mesin register diatas etaiase sehingga proses pembayaran kurang leluasa, pandangan untuk mengawasi ruangan terbatas karena adanya barang yang bertumpuk disekitar meja kasir. Oleh karena itu dengan perbaikan fasilitas kerja dengan perancangan meja kasir barn maupun dengan mengacu pada konsep-konsep dasar tata letak toko dapat memperbaiki kondisi yang lama, yaitu tata letak kisi, terbuka, tertutup, zone dan kombinasi dari beberapa konsep tata letak. Berdasarkan konsep tata letak tersebut dan disesuaikan dengan kondisi toko maka konsep yang diterapkan adalah perpaduan dari beberapa konsep yaitu tata letak kisi dimana penataan barang secara homogen ditata segaris, kemudian pada item-item tertentu yang menarik hati penataan secara terbuka sehingga efek visuallebih menarik. Tata letak toko juga dipengaruhi oleh : - Koordinasi barang-barang yang berhubungan - Penjualan per meter persegi ruang penjualan - Tingkat keuntungan yang diperoleh untuk mang penjualan - Nilai relatif dari mang penjualan dalam suatu toko - Hasrat untuk menciptakan Iorang Dengan adanya penataan layout usulan terdapat pembahan yang lebih baik berdasarkan pada kuesioner terhadap pelanggan maupun pemilik toko. Pelanggan sebanyak 75 % menganggap pembahan penataan layout yang baru lebih baik dari sebelumnya, dan perbaikan fasilitas kelja dengan perancangan meja baru lebih baik (86%), begitu juga dengan pendapat mengenai pencarian barang yang lebih mudah setelah perbaikan (55%). Perbaikan ini dapat juga dilihat dari waktu pelayanan dimana terjadi rata-rata penumnan waktu yaitu sebesar 19.838 detik (14.1059%).

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Masyhur 196042
Date Deposited: 09 Mar 2017 09:17
Last Modified: 09 Mar 2017 09:17
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29075

Actions (login required)

View Item View Item