Isolasi dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Fraksi Etil Asetat Ekstrak Metanol Air Daum Waru Gunung (Hibiscus similis L.)

Sugiarto, Guwantoro (2010) Isolasi dan Identifikasi Senyawa Flavonoid Fraksi Etil Asetat Ekstrak Metanol Air Daum Waru Gunung (Hibiscus similis L.). [Undergraduate thesis]

[thumbnail of F_3013_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
F_3013_Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/131148

Abstract

Telah dilakukan penelitian isolasi dan identifikasi senyawa flavonoid dari fraksi etil asetat ekstrak metanol-air daun waru gunung dengan cara ekstraksi menurut metode Markham yang dimodifikasi dan fraksinasi dengan metode Charaux-Paris. Serbuk daun waru gunung diekstraksi secara rnaserasi dengan metanol-air (9: 1) kemudian am pas di maserasi lagi dengan metanol air (1: 1 ), masing-masing perlakuan sebanyak 2 kali. Filtrat disatukan, kemudian diuapkan sarnpai sernua metanol terpisah, kemudian ekstrak air dikestraksi dari pelarut non polar ke polar. Pelarut yang digunakan ekstraksi berturut-turut adalah n-heksan, eter dan etil astetat. Dari fraksi etil asetat diidentifikasi dengan kromatografi lapis tipis dan didapat 5 noda dengan Rf berbeda. Dari lima noda tersebut dilakukan isolasi lanjut dengan kromatografi lapis tipis preparatif menghasilkan 5 pita. Pada pita no 2 (senyawa X) diidentifikasi kemurnian dengan kromatografi lapis tipis dan identifikasi senyawa flavonoid dengan spektrofotometri UV Tampak dengan penambahan perekasi geser. Hasil identifikasi disimpulkan bahwa senyawa X yang berhasil diisolasi adalah senyawa flavon I flavonol {3-0H tersubsitusi) yang mernpunyai gugus OH pada posisi 7 dan gugus o-di OH pada cincin B.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: Senyawa Flavonoid, Fraksi Etil Asetat, Ekstrak Metanol
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Pharmacy > Department of Pharmacy
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:46
Last Modified: 27 Mar 2017 06:46
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29344

Actions (login required)

View Item View Item