Identifikasi Karakteristik dan Stimulasi Dini Perkembangan Persepsi Visual Anak dengan ADHD

Nanik, Nanik (2012) Identifikasi Karakteristik dan Stimulasi Dini Perkembangan Persepsi Visual Anak dengan ADHD. In: Kongres Nasional II Asosiasi Kesehatan Jiwa Anak dan Remaja Indonesia dan KONAS II AKESWARI. FK UNAIR, Surabaya. ISBN 978-602-17029-0-1

[thumbnail of Nanik_Identifikasi Karakteristik dan Stimulasi__2012.pdf]
Preview
PDF
Nanik_Identifikasi Karakteristik dan Stimulasi__2012.pdf

Download (939kB) | Preview

Abstract

Salah satu identifikasi kesulitan belajar pada anak sejak dini dapat diketahui dari bagaimana perkembangan persepsi visual tersebut di usia prasekolah atau awal SD dengan Marianne Frostig Development Test of Visual Perception. Tes ini dapat mengidentifikasi karakteristik perkembangan persepsi visual anak sejak usia 4 tahun sampai dengan 7 tahun 11 bulan. Anak-anak dengan ADHD seringkali mengalami satu atau beberapa kesulitan belajar seperti dalam membaca, menulis, mengarang dan matematika, meskipun secara potensi kecerdasan di antara mereka sebenarnya banyak yang tidak bermasalah. Kesulitan belajar mereka ini ternyata juga terkait dengan masalah perkembangan persepsi visual, selain terkait dengan karakteristik perkembangan ADHDnya. Masalah perkembangan persepsi visual tampak dari penelusuran hasil tes Frostig terhadap dua belas kasus anak-anak dengan ADHD dengan rentang usia 4- 7.5 tahun dan klasifikasi IQ tergolong normal. Penelusuran tersebut menunjukkan hasil yang khas, yaitu : pada hasil skor age equivalents sub-tes figure ground dan constancy of shape menunjukkan perkembangan persepsi visual anak-anak dengan ADHD pada dua sub-tes tersebut di bawah usia kronologisnya. Kedua sub tes tersebut terkait dengan dasar perkembangan kemampuan belajar mereka: 1) mengenali huruf, tanda baca dan tanda berhitung, 2) membaca, 3) matematika, 4) konstruksi bentuk. Oleh karena itu stimulasi dini secara rutin untuk optimalisasi perkembangan persepsi visual perlu diberikan, seperti: menyusun jigsaw puzzle, tangram, menyusun balok-balok; mencari perbedaan dan persamaan gambar; mencari bentuk-bentuk tertentu dari bagian gambar; menghubungkan titik-titik dengan urutan angka/huruf untuk membentuk sesuatu; meronce manik-manik dengan pola urutan bentuk tertentu; menyusun kata dari huruf-huruf yang teracak,melipat kertas (origami), dll.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: ADHD, persepsi visual, kesulitan belajar, stimulasi dini
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Setiawan 194014
Date Deposited: 23 Jan 2013 07:32
Last Modified: 07 Mar 2018 03:23
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2974

Actions (login required)

View Item View Item