Ratnawati, Asteria (1998) Hubungan Antara Machiavellianism Dengan Kinerja Wiraniaga Perusahaan Asuransi. [Undergraduate thesis]
Full text not available from this repository. (Request a copy)Abstract
Untuk meyakinkan orang lain dalam rangka mencepai tujuannya, manusia mempunyai bermacam-macam cara. Dimana cara yang dipakai dapat saja berbeda antara individu satu dengan yang lainnya. Perbedaan ini terjadi karena adanya pola kepribadian yang berbeda entara individu. Salah satu pole kepribadian yang mempengaruhi adalah Machiavellianism, yaitu pole perilaku yang bersifat manipulatif dan slnis terhadap orang lain. Orang-orang Mschiwellisn mengerti bagaimana cara yang efektif untuk menyelaraskan , . antara pengaruh mereka dengan pihak-pihak yang harus dipengaruhi (Gibson, lvanchevich, Donelly, 1986; hal. 68), sehingga bila mereka bekerja di bidang pekerjaan persuasif mereka mempunyai kinefja yang semakin baik. Oleh sebab itu peneliti ingin melihat apakah semaldn linggi Machiavellianism, akan se~akin tinggi klnerja di bidang persuasif. Varlebel bebas adalah variabel MachitNellianism, variabel tergantung adaleh kinerja wiraniaga asuransi. Untuk mendapatkan data MBChiwellianlsm digunakan angket dengan skala Likert, sebanyak 33 item, sedangkan data Kinerja didapat dari perusahaan. Populasi yang digunakan adalah sales asuransi, sedangkan untuk sampeladalah agen asuransi P.T. (Persero) Asuransi Jiwasraya, Surabaya sebanyak 88 orang. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi. Uji asumsi menunjukkan sebaran skor MachitNellillnism nonnal, didapat Kai Kuadrat 16.445 dengan p>0.05. Sedangkan sebaran skor Kinerja tidak normal, Kai Kuadrat 18.467 dengan p<0.01 yang berartl sangat slfgnifikan. Hasil analisis data antara Machiavellianism dengan Klnerja pada bldang pekerjaan persuasif mendapatkan korelasi linear dengan F=3,481 dan p>0.05. Anallsis Regresi adalah rxy= -0.260, F =6 .240, p<O .05. Oari perhitungan statistika yang telah dllakukan, didapat bahwa semaldn tinggl MschiiiVellisnism seorang sales asuransi, kinerjanya malah semakln rendah. Hal ini terjadi karena dlstribusi kinerja yang tidak mereta karena penilaian kinerja yang tldak setara, dan faldor budaya di tempat peneiHian landasan yang dilakukan di baret. Oleh karena itu untuk peneiHi selanjutnya sebaiknya perlu diuji lagl apakah berkorelasi positif dengan kemampuan persuasif di Indonesia, mengingat assertifitas di negara tempat penelitian dan di Indonesia berbeda, sehingga dari hasil itu dapat dijadikan dasar penelitian selanjutnya. Untuk perusahaan sebaiknya penilaian kinerja diperhatikan pula lama seorang sales bekerja, sehingga bisa mempermudah penilaian kinerja dan pemberian pelatihan yang tepat.
Item Type: | Undergraduate thesis |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Faculty of Psychology > Department of Psychology |
Depositing User: | Sugiarto |
Date Deposited: | 23 Feb 2013 03:44 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 07:31 |
URI: | http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/2983 |
Actions (login required)
View Item |