Analisis Strategi Pemasaran pada D Bakery di Surabaya

Pratama, Robertus Ardithya (2004) Analisis Strategi Pemasaran pada D Bakery di Surabaya. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of TM_2395_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
TM_2395_Abstrak.pdf

Download (146kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/135555

Abstract

Persaingan antar perusahaan roti saat ini semakin ketat. Hal ini disebabkan munculnya perusahaan-perusahaan rori baru ataupun yang lama berlomba-Iomba melakukan perang harga. OJeh karena itu, pihak D. Bakery dituntut imtuk menyuslUl suatu kebijakan pemasaran yang tepat, efektif, serta kompetitif, sebingga diharapkan pibak D. Bakery dapat menarik konsumen baru dan mempertahankan konsumen lama. Perencanaan strategi pemasaran yang tepat diperlukan identifikasi persepsi dan ekspektasi konsurnen. Dengan mengetahui persepsi konsumen dan ekspektasi konsumen maka pihak D. Bakery-dapat memperoleb masukan untuk melibat peluang, dimana ekspektasi konsumen yang belum dapat dipenuhi oleh perusahaan sehingga volume penjuaJan dapat ditingkatkan. Metode pengumpulan data yang dipilih adalah menggunakan kuesioner. Sampel yang diambil ada1ah konsumen D. Bakery minimal I kali pemah membeli produk D. Bakery. Kuesioner dibagikan kepada responden hingga mencapai 200 eksemplar yang kembali dan sah. Pada penelitian ini dilakukan beberapa analisis yaitu anaJisis deskriptif yang bertujuan untuk mengetab.ui profit konsumen D. Bakery; analisis Crosstabs yang bertujuan untuk mengetahu perbedaan latarbelakang anta:ra konsumen D. Bakey pada. masing-masing kelompo~ analisis MANOV A yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara kelompok pertama dan kelompok kedua berdasalkan variabel persepsi dan ekspektasi dalam bauran pemasaran yang ditawarkan kepada konsumen. Selanjutnya adalah analisis kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi konsumen (Gap 5), pada analisis ini dapat diketahui apakah terdapat kesenjangan antara tingkat ekspektasi dan tingkat persepsi konsumen terhadap kualitas roti dan mengetahui variabel mana saja yang mengalami kesenjangan. Alasan konsumen membeli roti mayoritas adalah sebagai makanan altematif (mean 4.075), persepsi tentang D. Bakery yang tertinggi terletak pada variabel rasa.nya enak (mean 3.610). daya tahan roti (mean 3.53) sedangkan harapan konsumen yang tertinggi adalah penampilan kemasan (mean 4.215). Yang mengalami kesenjangan persepsi dan harapan untuk kelompok pertama adalah : aromanya sedap, penampilan kemasan menarik, kelengkapan jenis roti, pelayanannya cepat. pada kelompok kedua adalah aromanya sedap, penampilan kemasan menarik, harga sesuai kualitas, pelayanannya cepat. Produktivitas loper D. Bakery sebesar 53.55% artinya mereka dapat menjual 53.55% dari total produk yang mereka bawa per hari. Berdasarkan basil keseluruhan analisis yang dilakukan tnaka dapat direncanakan strategi pemasaran yang mencakup dllnensi produk., tempat, harga, promosi, pelayanan dan peningkatan produktivitas toper. Strategi pemasaran yang dima.ksut adalah : D. Bakery memiliki lagu khusus , loper dapat membantu memberi masukan pilihan produk kepada konsumen, penambahan penyediaan uang kembalian kepada toper.

Item Type: Undergraduate thesis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering
Depositing User: Jumagi 197012
Date Deposited: 16 May 2017 09:00
Last Modified: 16 May 2017 09:00
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/29875

Actions (login required)

View Item View Item