Studi Eksplorasi Konsumen Wedoro

Pambudi, Zeta Megatarie (2005) Studi Eksplorasi Konsumen Wedoro. [Undergraduate thesis]

[thumbnail of IN_708_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
IN_708_Abstrak.pdf

Download (58kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/148642

Abstract

Kawasan Wedoro yang berupa kampung dengan jalan kecil yang berdebu, serta lokasi yang tidak strategis dapat menjadi kawasan perdagangan yang eliminati oleh banyak konsumen dari segala penjuru daerah. Fenomena ini mendorong rasa ingin tahu peneliti mengenai apa latar belakang dari perilaku konsumen Wedoro. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan profil konsumen yang berlangganan di Wedoro, menggambarkan latar belakang yang mendorong konsumen membeli produk Wedoro, menggambarkan proses perilaku membeli konsumen sehingga akhirnya memutuskan membeli di Wedoro, menjelaskan tentang daya tarik Wedoro terhadap konsumen Penelitian ini menggunakan studi kasus eksploratif dengan paradigma interpretif. Tujuan penggunaan metode tersebut adalah untuk mendapatkan informasi yang utuh mengenai keadaan yang sebenarnya terjadi. Peneliti mengkaitkan perilaku membeli konsumen Wedoro saat ini dengan latar belakang budaya pembentukan perilaku mereka eli masa lalu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil konsumen Wedoro rata-rata adalah leisure shopper yang bertujuan untuk mendapatkan kesenangan pada produk dengan harga murah, kualitas bagus, dan model yang up-to date. Perilaku membeli konsumen eli Wedoro dipengaruhi oleh konelisi lokasi dan produk Wedoro yang mampu memenuhi kebutuhan keluarga, sosial, maupun personal. Wedoro sebagai sentra perdagangan mampu bertahan dan berkembang hingga kini karena selalu meningkatkan kualitas produk dan lokasinya. Lokasi Wedoro yang tidak strategis justru merupakan daya tarik sendiri yang tidak terdapat eli tempat lain. Faktor ethnosentris pedagang Wedoro yang merupakan etnis Jawa merupakan pendorong bagi consumer ethnocentrism. Terdapat lima daya tarik Wedoro, yaitu: high-variety product, harga dan kualitas produk yang mendukung pemenuhan motif utilitarian, lokasi dengan suasana berbeda eli perkotaan, ethnocentric, dan faktor bargaining.

Item Type: Undergraduate thesis
Uncontrolled Keywords: konsumen, Wedoro, perilaku membeli
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Department of Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 20 Jun 2017 06:24
Last Modified: 20 Jun 2017 06:24
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30136

Actions (login required)

View Item View Item