Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Melalui Pelatihan Aspek Pemahaman Bacaan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Sari, Anggraeni Swastika (2017) Meningkatkan Kemampuan Memahami Bacaan Melalui Pelatihan Aspek Pemahaman Bacaan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, University of Surabaya.

[thumbnail of MPSI_338_Abstrak.pdf]
Preview
PDF
MPSI_338_Abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
Official URL / DOI: http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/245127

Abstract

Memahami bacaan merupakan suatu proses menggali, mengetahui untuk memperoleh pengetahuan makna yang melibatkan pemahaman (pemahaman asosiasi, simbol kata dan sebagainya) dan pengalaman yang dimiliki sebelumnya. Tidak semua siswa dapat memahami bacaan dengan baik. Point utama yang harus diperhatikan untuk memahami bacaan yaitu berkaitan dengan pemahaman makna kata, kalimat dan paragraf. Untuk dapat memahami bacaan dengan baik, membutuhkan pengetahuan terkait 6 aspek pemahaman bacaan yaitu asosiasi, konsepsi, persepsi, sintaktik-semantik, penalaran dan kognisi. Apabila siswa mempelajari 6 aspek pemahaman bacaan, maka akan memudahkan siswa dalam memahami bacaan. Oleh sebab itu, peneliti memberikan pelatihan aspek pemahaman bacaan pada siswa untuk meningkatkan kemampuan memahami bacaan. Pendekatan yang dilakukan adalah kuantitatif. Metode pengumpulan data tahap awal menggunakan observasi dan wawancara, sedangkan tahap asesmen menggunakan tes kecerdasan (CPM), tes kemampuan membaca dan pemahaman bacaan (sebagai pretest dan posttest). Kategori dalam penelitian ini adalah memiliki kecerdasan minimal rata-rata, lancar membaca, dan kemampuan memahami bacaan kurang. Subjek penelitian adalah 4 siswa diantaranya, 2 siswa cukup lancar membaca dan 2 siswa kurang lancar membaca. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskripstif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisa, diperoleh hasil bahwa terjadi peningkatan skor kuantitatif pretest dan posttest dari tes pemahaman bacaan pada 4 siswa tersebut. Siswa N mengalami peningkatan 25%, siswa I mengalami peningkatan 40%, siswa D mengalami peningkatan 38% dan siswa A mengalami peningkatan 50%. Dapat dikatakan, bahwa telah terjadi perubahan skor nilai sebelum dan sesudah siswa mendapatkan pelatihan aspek pemahaman bacaan tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pemahaman bacaan, sekolah dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Postgraduate Programs > Master Program in Psychology
Depositing User: Eko Wahyudi 197013
Date Deposited: 06 Jul 2017 07:56
Last Modified: 06 Jul 2017 07:56
URI: http://repository.ubaya.ac.id/id/eprint/30208

Actions (login required)

View Item View Item